Tim Akreditasi Perpustakaan MTsN 8 Sleman Antusias Ikuti Workshop

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Jumat (19/04/2024) bertempat di aula madrasah, tim akreditasi perpustakaan MTsN 8 Sleman mengikuti workshop bersama narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman secara antusias. Rika Hardiana, S.IP. salah satu narasumber menyampaikan bahwa pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman mendukung sepenuhnya tentang pelaksanaan akreditasi perpustakaan MTsN 8 Sleman pada tahun ini dan siap untuk mendampingi dari persiapan sampai pelaksanaan.

Rika menjelaskan tentang instrumen akreditasi yang terdiri dari 9 komponen yaitu komponen koleksi perpustakaan, komponen sarana dan prasarana perpustakaan, komponen pelayanan perpustakaan, komponen tenaga perpustakaan, komponen penyelenggaraan perpustakaan, komponen pengelolaan perpustakaan, komponen inovasi dan kreativitas, komponen tingkat kegemaran membaca dan komponen indek pembangunan literasi masyarakat.

Khoirul Azizi, S.IP. menambahkan untuk langkah awal akreditasi madrasah adalah membuat tim akreditasi dan bersama – sama mengisi borang untuk mengetahui evaluasi diri madrasah dalam menghadapi akreditasi perpustakaan. Azizi menambahkna bahwa perpustakaan adalah unit pelaksana organisasi induk yaitu madrasah maka pengisian borang harus sesuai dengan visi misi madrasah. (iks)