Apel Santri dan Khataman Qur’an Awali Puncak Peringatan Hari Santri 2021 di MTsN 8 Sleman

Sleman (MTsN 8 Sleman) – MTsN 8 Sleman mengawali puncak peringatan Hari Santri 2021 dengan agenda apel santri serta khataman Al-Qur’an yang diikuti oleh guru pegawai serta siswa – siswi perwakilan dari tiap kelas, Jumat (22/10/2021).

Tepat pukul 07.00 semua peserta apel telah bersiap di posisi masing – masing untuk mengikuti kegiatan apel dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-7 tersebut. Dalam sambutan Menteri Agama Republik Indonesia H. Yaqut Cholil Qoumas yang disampaikan oleh Kamad Jazim Kholis, S. Ag., menyatakan bahwa peringatan Hari Santri 2021 mengusung tema “Santri Siaga Jiwa Raga”.

Maksud tema Santi Siaga Jiwa Raga adalah bentuk pernyataan sikap santri lndonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan lndonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

“Siaga Jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran lslam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa lndonesia,” kata Jazim dalam pembacaan pidato sambutan dari Gus Menteri.

“Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk lndonesia. Oleh karena itu, santri tidak pernah lelah dalam berusaha dan terus berkarya untuk lndonesia,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Jazim menambahkan siswa madrasah sebagai bagian dari santri sudah selayaknya bangga dan bersyukur atas kesempatan menimba ilmu umum sekaligus ilmu agama secara bersamaan di madrasah. Dirinya pun memberikan motivasi kepada peserta didiknya untuk terus tekun belajar dan meningkatkan kemampuan di bidang akademik maupun non akademik.

Usai apel hari santri, kegiatan dilanjutkan dengan khataman Al-Qur’an yang rutin dilaksanakan di setiap peringatan Hari Santri. Guru Bahasa Arab Jumanudin, M.Pd.I. memimpin kegiatan pembacaan ayat – ayat  Al-Qur’an disertai doa Khotmil Qur’an.(imm)