Tanamkan Budaya Cinta Alqur’an MTs N 8 Sleman Rutinkan Pembiasaan Tadarus Pagi

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Membaca Alqur’an atau tadarus merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Setiap pagi sebelum memulai kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa MTs N 8 Sleman rutin melaksanakan tadarus Alqur’an bersama yang dilaksanakan serentak setiap kelas dengan durasi 15 menit yang dipimpin oleh guru yang mengajar jam pertama setiap harinya sebagai pembiasaan pagi.

Kegiatan ini merupakan agenda pembiasaan yang ditanamkan sejak dini dalam pembentukan karakter budaya cinta Alqur’an. Kepala Madrasah Agus Sholeh, S.Ag. menuturkan bahwa kegiatan pembiasaan ini dilaksanakan secara istiqomah agar nilai – nilai religi dapat tertanam dengan baik sehingga terbentuk kebiasaan yang melekat pada karakter siswa.

Seperti biasanya Selasa (8/8/2023) kelas VII F yang dipimpin guru Fikih sekaligus koordinator keagamaan madrasah Eti Maryati,S.P.I. membaca lanjutan surah hari kemarin secara bersama – sama. “Menjadi kebanggaan kami para guru jika siswa terbiasa tadarus dengan rutin untuk membentuk karakter siswa yang akan terasa manfaatnya yaitu hati menjadi tenang dan kecerdasan pun meningkat sehingga siswa akan mudah menerima transferan ilmu dari guru,” jelas Eti.

Kepala madrasah berharap semoga pembiasaan tadarus ini tidak hanya ketika siswa berada di madrasah tetapi juga bisa menjadi kebiasaan ketika siswa dirumah dan sebagai pembekalan dalam membentuk karakter siswa yang kuat dan berakhlakul karimah. (iks)