Wujudkan Generasi Anti Narkoba, MTs N 8 Sleman Gandeng Puskesmas Prambanan

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Maraknya berita di televisi atau media sosial tentang keterlibatan pelajar dengan obat – obatan terlarang dan berbahaya ( narkoba )sangat kian memprihatinkan. Namun dengan kemajuan teknologi dan globalisasi informasi merupakan tantangan besar bagi bangsa kita untuk memerangi penyebaran narkoba. Dampak narkoba sangat mempengaruhi mental dan pendidikan bagi pelajar saat ini yang diharapkan akan menjadi generasi penerus bangsa.

Mengingat pentingnya pencegahan penyalahgunaan narkoba maka MTs N 8 Sleman bekerja sama dengan Puskesmas Prambanan untuk melakukan sosialisasi tentang bahaya Napza ( narkotika, psikotropika, zat adiktif yang berbahaya ) pada hari Selasa (18/04/2023) bertempat di Aula MTs N 8 Sleman . Agus Sholeh, S.Ag. selaku kepala madrasah  dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini bukan hanya sebagai wawasan bagi siswa tetapi juga sebagai alat untung membentengi diri dari pengaruh narkoba. Diharapkan nantinya siswa yang mengikuti sosialisasi ini bisa mengimplementasikan kepada teman – temannya.

Dra. Siti Nursyafangatun menambahkan bahwa sosialisasi kali ini diikuti oleh 192 siswa yang terdiri dari kelas 7A – 7F, masing – masing kelas mengirimkan tiga siswanya. Adapun narasumbernya dari pihak puskesmas yaitu Rizka Destavia ( Promosi Kesehatan ) dan Dewi Nugraheni ( Psikologist ). Menurut Syafa hal ini bukanlah yang pertama kali melainkan agenda rutin tahunan antara madrasah dan puskesmas. Materi yang disampaikan antara lain : macam – macam narkoba, efek dari pemakaian narkoba, dan cara pencegahan agar terhindar dari narkoba, baik dari segi kesehatan ataupun dari segi psikolog. (iks)