Uji Perangkat dan Jaringan, 575 Siswa MTsN 8 Sleman Ikuti Simulasi ALN

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Tercatat 575 peserta didik MTsN 8 Sleman mengikuti agenda Simulasi Asesmen Literasi dan Numerasi (ALN) berbasis Android atau komputer yang terbagi atas 19 ruangan, diantaranya 1 ruang menggunakan komputer dan 18 ruang kelas menggunakan Android, Kamis (20/10/2022).

Rencananya, kegiatan ALN Tahun 2022 yang diinisasi oleh MKKS Kabupaten Sleman akan digelar pada tanggal 24 Oktober sampai dengan 29 Oktober 2022 dan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Sleman. Demikian dikatakan Waka Kurikulum, Muhammad Arwani Munib, S.Th.I., M.Pd.

Lebih lanjut Munib mengatakan, MTsN 8 Sleman sendiri akan mengikuti empat mapel yang diujikan, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Dimana pelaksanaannya digelar secara online dari pukul 7 sampai dengan 9 pagi.

Ditemui saat monitoring simulasi, dirinya mengatakan secara umum pelaksanaan simulasi kali ini berjalan lancar, kendala pada beberapa siswa terkait masalah kekuatan sinyal dapat segera teratasi.

“Beberapa siswa yang mengalami kendala sinyal internet kita arahkan ke tempat yang lebih bagus untuk menangkap sinyal, selain itu juga kita siapkan satu ruang lab komputer bagi siswa yang tidak memiliki handphone,” ujar guru Qur’an Hadits tersebut.

Sementara itu, Kepala MTsN 8 Sleman Jazim Kholis, S.Ag. berharap kegiatan ALN ini dapat memberikan dampak positif bagi para siswanya dalam memahami tipe – tipe soal Literasi dan Numerasi.

“Untuk ALN tahun ini kita fokus di empat mapel ASPD saja, tujuannya agar siswa terbiasa dengan tipe – tipe soal Literasi dan Numerasi, sehingga harapannya akan meningkatkan nilai siswa di ujian ASPD mendatang,” ujar.(imm)