Siti Nur Hidayati, Guru MTsN 8 Sleman Terpilih menjadi Fasilitator Daerah Sleman

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mengadakan Pelatihan bagi Instruktur Nasional, Fasilitator Provinsi (FASPROV), Fasilitator Daerah (FASDA) Jenjang MTs Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah.

Kegiatan pelatihan FASDA serentak dilakukan pada tanggal 2 – 6 Oktober 2021 di seluruh Indonesia dengan jumlah peserta yang telah lolos seleksi sejumlah 887 peserta yang terbagi dari tiga zona, yakni zona 1 untuk wilayah Sumatera, zona 2 wilayah Jawa dan NTB dan zona 3 untuk Kalimantan dan Sulawesi.

Dilansir dari situs madrasahreform.kemenag.go.id. FASDA merupakan kumpulan guru – guru terbaik yang direkrut oleh Kankemenag Kabupaten/Kota untuk disiapkan menjadi fasilitator atau narasumber kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru di KKG/MGMP/MGBK tingkat Kabupaten/Kota.

Guru MTsN 8 Sleman Siti Nur Hidayati, S.Pd., terpilih menjadi salah satu perwakilan Sleman sebagai fasilitator setelah melalui serangkaian fit and proper test oleh penguji dari Dirjen Pendis Kemenag Pusat.

Usai mengikuti kegiatan, dirinya mengatakan dalam pelatihan diisi pemaparan materi oleh FASPROV dilanjutkan dengan diskusi dan presentasi dari setiap modul yang disampaikan

“Untuk tugas dan tanggung jawab FASDA kedepannya yakni menyusun silabus pelatihan PKB Guru Tendik serta menyusun skenario pelatihan,” ujar Siti Nur Hidayati.

“Selain itu juga melatih dan mendampingi guru di KKG/MGMP/MGBK baik secara daring maupun luring dengan modul yang telah disiapkan serta memfasilitasi peserta dalam mempelajari modul,” tambahnya.

Dirinya berharap melalui kegiatan pelatihan tersebut dapat memperoleh ilmu sebanyak – banyaknya untuk kemudian diimbaskan kepada guru lain di wilayah Sleman guna pengembangan keprofesian berkelanjutan.(imm)