Siswa MTsN 8 Sleman Tunjukkan Peningkatan Nilai di PPAD Tahap Kedua

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Pemantapan Persiapan Asesmen Daerah (PPAD) tahap kedua kembali digelar seluruh sekolah setingkat SMP/MTs di Kabupaten Sleman, Senin – Kamis (21-24/02/2022). Tercatat 16.060 siswa di 150 mengikuti tryout selama empat hari meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA serta mencakup soal – soal Literasi dan Numerasi.

Terdapat dua sistem pelaksanaan yang dapat dipilih oleh sekolah yakni secara semi online di sekolah maupun madrasah atau full online dari rumah masing – masing siswa. Di MTsN 8 Sleman sendiri, tryout dilaksanakan secara semi online di tiga ruang laboratorium komputer menggunakan dua sesi test. Demikian dikatakan proktor madrasah, Imam Taufiq, S.Kom. saat mendampingi siswa – siswi mengerjakan PPAD.

“Sama persis dengan tahap pertama, PPAD tahap kedua tetap dilaksanakan secara semi online dan siswa mengerjakan di madrasah” ujarnya.

Sementara itu, Waka Kurikulum Drs. Muh Jafron mengatakan, dari hasil nilai PPAD tahap kedua yang dibagikan oleh MKKS Kabupaten Sleman, terdapat peningkatan rata – rata nilai yang diperoleh siswa MTsN 8 Sleman.

“Jika kita bandingkan dengan tahap pertama, terdapat peningkatan nilai yang dicapai oleh siswa,” kata Jafron.

Tercatat nilai tertinggi yang diperoleh siswa MTsN 8 Sleman untuk masing – masing mapel yakni, Bahasa Indonesia 90,00 Matematika 63,33 Bahasa Inggris 67,50 dan IPA 80,00.

Kamad Jazim Kholis, S.Ag. menandaskan kegiatan tryout bersama seluruh sekolah SMP/MTs di Kabupaten Sleman dirasa sangat penting sebagai salah satu persiapan siswa kelas 9 dalam tes Asesmen Daerah di penghujung semester genap nanti.

“Melalui tryout, siswa akan mendapat gambaran soal – soal Asesmen Daerah, sehingga mereka dapat memperdalam pemahaman materi soal dengan didampingi bapak ibu guru mapel masing – masing,” tandas Jazim.

“Hal ini akan terus kita upayakan agar siswa mendapatkan nilai yang terbaik di kegiatan Asesmen Daerah Provinsi Yogyakarta,” tambahnya.(imm)