Persiapkan Akreditasi, MTsN 8 Sleman Selenggarakan Bedah IASP

Sleman (MTsN 8 Sleman) – MTsN 8 Sleman menyelenggarakan kegiatan bedah Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) dalam rangka mempersiapkan akreditasi madrasah di tahun 2023.

Bertempat di aula madrasah, Sabtu (11/02/2023) kegiatan bimtek mengahdirkan pemateri Dra. Hj. Charisatuniswah, M.Pd. dan Drs. Mujiyono, M.Pd.I., diikuti oleh Kepala Madrasah, Kepala TU serta guru pegawai.

Dalam sambutannya, Kamad Jazim Kholis, S.Ag. mengatakan bahwa tujuan diselenggarakan bedah instrumen akreditasi ini untuk memberikan gambaran kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan bagaimana menyiapkan perangkat akreditasi, khususnya yang mengacu pada IASP 2020.

“Kegiatan ini menjadi sangat penting dimana madrasah akan mendapatkan gambaran dari pemateri terkait perangkat administrasi yang perlu dipersiapkan sesuai dengan IASP 2020,” pungkas Jazim.

Sementara itu pengawas madrasah Drs. Mujiyono, M.Pd.I. menandaskan dibutuhkan kekompakan dan kerjasama yang solid dari seluruh elemen madrasah dalam menghadapi akreditasi. Mulai dari Kepala Madrasah, guru tendik, peserta didik, komite madarsah serta orangtua/wali siswa dapat memberikan keterangan dan bukti pendukung yang sama kepada tim asesor.

“Semua elemen madrasah harus kompak dalam memberikan keterangan kepada tim asesor, untuk itu perlu diadakan simulasi akreditasi oleh madrasah,” ungkas Mujiyono.

Memasuki pemaparan materi inti, Dra. Hj. Charisatuniswah, M.Pd. membahas secara detail dan gambalang poin penilaian dari seluruh instrumen merujuk pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 1005/P/2020 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dalam workshop ini Charisatuniswah memberikan banyak materi, diantaranya Kebijakan dan Pedoman Akreditasi, Mekanisme (POS) Akreditasi, Pengantar Perangkat Akreditasi 2020, Bedah Butir Kinerja Inti Mutu Lulusan, Bedah Butir Kinerja Inti Proses Pembelajaran, Bedah Butir Kinerja Inti Mutu Guru dan Butir Kinerja Kekhususan, Bedah Butir Kinerja Inti Manajemen Sekolah/Madrasah, dan Penskoran Akreditasi.(imm)