Persiapan ANBK, MTsN 8 Sleman Gelar Sosialisasi ke Seluruh Guru dan Siswa Kelas 8

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Menjelang pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021, MTsN 8 Sleman menyelenggarakan sosialisasi kepada seluruh guru dan siswa kelas 8 secara online via zoom meet, Rabu (18/08/2021).

Kepala MTsN 8 Sleman Jazim Kholis, S.Ag. dalam sambutannya mengatakan di tahun 2021 ini akan terdapat 2 event kurikulum yang berskala Nasional yakni Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) yang kesemuanya perlu dipersiapkan dengan sebaik – baiknya oleh seluruh stakeholder madrasah.

Pada sesi pemaparan, proktor madrasah Imam Taufiq, S.Kom menjelaskan secara detail teknis pelaksanaan ANBK jenjang SMP/MTs pada tanggal 4-7 Oktober 2021 mendatang. Imam menjelaskan Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah, dimana mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Jadi terdapat 3 instrumen utama yang akan diujikan yakni Asesmen Kompetensi Minimum (Literasi Numerasi), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Untuk peserta kategori siswa mengerjakan ketiga instrumen tersebut, sedangkan untuk guru dan kepala sekolah/madrasah hanya mengerjakan survei lingkungan belajar,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan untuk peserta ANBK dari kategori siswa dipilih secara acak secara sistem dengan jumlah maksimal per satuan pendidikan sejumlah 45 siswa ditambah 5 siswa cadangan sedangkan untuk kategori guru maupun kepala sekolah/madrasah adalah semua pendidik dan kepala satuan kependidikan yang telah terdaftar di Dapodik/Emis.

Usai pemaparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh salah satu staff kurikulum, Muhamad Arwani Munib, S. Th.I. dan dilanjutkan dengan uji coba mengerjakan AKM di website Pusmenjar Kemendikbudristek bagi seluruh siswa kelas 8.(imm)

 

*Tetap Sehat dan Semangat*

*#LawanCovid-19*