Peringati Hari Raya Idul Adha, MTsN 8 Sleman Tasyarufkan Hewan Qurban

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Salah satu bentuk rutinitas tahunan yang dilakukan MTsN 8 Sleman dalam rangka memperingati hari Raya Idul Adha adalah pentasyarufan hewan kurban. Bertempat di halaman madrasah, pada hari Rabu (27/6/2023) pukul 07.00 bapak kepala madrasah yang didampingi ketua panitia kurban,  menyerahkan hewan kurban sebanyak 14 ekor kambing kepada perwakilan takmir masjid atau sekolah-sekolah yang sudah dipilih oleh panitia kurban.

Tempat-tempat yang dipilih oleh panitia kurban merupakan daerah kantong-kantong siswa MTsN 8 Sleman berasal, di antaranya Dusun Pelemsari, Jobohan, Polengan, Umbulsari B, Kowang, Glondong, Jetis, Sunggingan Kulon, Sanan, Mutihan, MI Sananul Ula, SDN Madusari 3, dan SD Muhammadiyah Karangharjo. Jumanudin, M. Pd.I., selaku ketua panitia mengatakan bahwa selain untuk syiar, penyerahan hewan kurban ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada daerah-daerah atau sekolahan yang siswanya banyak berasal dari tempat tersebut.

Hewan kurban yang ditasyarufkan berasal dari siswa kelas 7, 8, 9, dan iuran bapak ibu guru pegawai MTsN 8 Sleman. Biasanya selain ditasyarufkan, hewan kurban ada yang disembelih di madrasah sebagai latihan kurban. Namun karena tahun ini bertepatan dengan libur siswa, hewan kurban semua dibagikan dalam kondisi hidup. “Semoga kegiatan pentasyarufan hewan kurban ini bisa berlangsung terus setiap tahun dan semakin memberi manfaat untuk warga dan daerah-daerah yang ada di sekitar MTsN 8 Sleman,” ujar Agus Sholeh, selaku kepala madrasah. (Ys)