Pengajian Hari Santri Tutup Rangkaian Puncak Peringatan HSN 2021 MTsN 8 Sleman

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Menutup rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, MTsN 8 Sleman menggelar pengajian dan doa bersama bagi keselamatan bangsa Indonesia bertempat di Masjid Nurul Ummah yang berada di komplek madrasah, Jumat (22/10/2021).

Ustad Mujiharno, S.Ag. yang diundang untuk memberikan tausiyah, memberikan motivasi kepada para siswa supaya ilmu agama yang diperoleh di madrasah dapat dipraktekkan dalam kehidupan di masyarakat. Sebagai contoh untuk mengumandangkan adzan maupun menjadi imam sholat di kampung masing – masing.

“Ayo para santri – santri madrasah tunjukkan dan teladankan kebiasaan ibadah yang baik serta memakmurkan masjid di kampung kita masing – masing,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ustadz Mujiharno menyinggung permasalahan godaan manusia dalam beribadah, terutama godaan hawa nafsu. Didalam kitab Tanwirul Qulub, nafsu dibagi menjadi tujuh tingkatan yakni nafsu amarah, nafsu lawwamah, nafsu mutmainnah, nafsu mulhamah, nafsu rodhiyyah, nafsu mardhiyyah serta nafsu kamilah.

Untuk itu dirinya menekankan kepada para santri madrasah untuk mengenal segala hal apapun didalam diri kita, entah itu kebaikan didalam kita, keburukan kita, sifat-sifat kita, ataupun potensi yang ada didalam jatidiri kita.

Di akhir tausiyahnya, Ustadz Mujiharno berpesan melalui momentum Hari Santri para siswa madrasah dapat merealisasikan tingkah laku santri yang baik diantaranya berperilaku jujur, berpenampilan yang baik, sopan santun, ta’dzim kepada guru dan orangtua.

“Semoga dengan menerapkan akhlak seperti santri, para siswa MTsN 8 Sleman akan sukses  urusan dunia dan akhirat,” tutup Ustadz Mujiharno.(imm)