Pembina Pramuka MTsN 8 Sleman Jadi Juri Lomba Masak di Perkemahan Budaya SMPN 1 Kalasan

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Pembina Pramuka MTsN 8 Sleman berperan sebagai juri dalam lomba masak berbahan dasar ketan hitam, tepung beras, mutiara, pati Garut, dan kacang hijau di perkemahan budaya gugus depan SMPN 1 Kalasan. Acara ini berlangsung di Bumi Perkemahan Rama Shinta, Candi Prambanan, pada Sabtu (1/6/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan para peserta didik pada bahan-bahan tradisional yang digunakan dalam pembuatan jenang, salah satu makanan khas yang mungkin belum banyak diketahui oleh mereka.

Pembina Pramuka MTsN 8 Sleman, Dra. Hj. Hartini sebagai salah satu tim juri menyampaikan bahwa “tujuan kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada para siswa mengenai bahan-bahan tradisional yang sering digunakan dalam masakan jenang, seperti pati Garut yang masih jarang dikenal. Melalui lomba ini, diharapkan para peserta didik tidak hanya belajar memasak tetapi juga mengenal lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia yang kaya akan variasi dan bahan alami”, jelasnya.

Selain lomba masak, perkemahan budaya ini juga diisi dengan kegiatan pengenalan lingkungan. Para peserta didik diajak untuk berkeliling candi menggunakan busana Jawa, memberikan pengalaman langsung dalam mengenal budaya dan sejarah tempat tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya lokal sejak dini.

Peran pembina pramuka dari MTsN 8 Sleman sebagai juri menambah nilai edukatif dan inspiratif pada acara tersebut. Dengan semangat yang tinggi dan dedikasi dalam mendidik generasi muda, mereka berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi pengalaman berharga bagi para siswa dan memotivasi mereka untuk lebih mengenal dan melestarikan warisan budaya Indonesia. (hm8)