Pembina Pramuka dan Guru MTsN 8 Sleman Ditugaskan Sebagai Tim Penilai Pramuka Garuda

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Pembina Pramuka dan seorang guru dari MTsN 8 Sleman mendapatkan kehormatan untuk menjadi bagian dari tim penilai Pramuka Garuda, yang ditugaskan oleh Kwaran Kapanewon Prambanan. Penilaian tersebut dilaksanakan di SMP IT Baitussalam pada hari Rabu (29/5/2024). Tim penilai terdiri dari beberapa anggota yang ditugaskan untuk menguji keterampilan dan pengetahuan para peserta Pramuka Garuda.

Peserta yang mengikuti ujian Pramuka Garuda terdiri dari 9 penggalang dan 1 penegak. Mereka berasal dari dua institusi, yaitu SMP IT Baitussalam dengan 4 siswa putra, dan SMA IT Baitussalam dengan 2 siswa putri. Ujian tersebut mencakup berbagai materi, termasuk uji keterampilan berpidato dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris sesuai pilihan peserta.

Selain itu, terdapat juga ujian Hasta Karya dengan memanfaatkan bahan bekas untuk dibuat menjadi tiga karya, pemahaman terhadap UUD 1945 dan Dasa Dharma, serta keterampilan teknologi informasi seperti praktik menyalin berita ke Word, Excel, dan PowerPoint.  Materi ujian lainnya meliputi keterampilan baris-berbaris (PBB) dan yel-yel. Kegiatan ini dirancang untuk menguji kemampuan dan kreativitas para peserta dalam berbagai aspek yang mendukung perkembangan mereka sebagai Pramuka Garuda.

Dra. Hj. Hartini, salah satu tim penguji dari MTsN 8 Sleman, mengungkapkan rasa bangga dan senangnya atas tugas yang diberikan. “Kami sangat bangga bisa menjadi salah satu tim penguji Pramuka Garuda dan akan melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Kami juga sangat senang karena peserta yang akan mengikuti ujian Pramuka Garuda ini terlihat antusias dan percaya diri,” jelasnya.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang penilaian, tetapi juga menjadi wadah bagi para peserta untuk mengembangkan kemampuan diri dan mempraktikkan nilai-nilai kepramukaan. Antusiasme dan kepercayaan diri yang ditunjukkan oleh para peserta menjadi salah satu indikator keberhasilan program ini. (hm8)