MTs N 8 Sleman Lakukan Pengepakan Buku Paket Barang Milik Negara Guna Proses Lelang

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Salah satu kewajiban instansi pemerintah adalah untuk menjaga dan memanfaatkan Barang Milik Negara (BMN) untuk kepentingan negara. Barang Milik Negara (BMN) merupakan bagian tak terpisahkan dari keuangan negara sebagaimana tertuang dalam Pasal 1 Undang Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Mematuhi peraturan tersebut, MTs N 8 Sleman melakukan pengepakan buku paket perpustakaan yang masuk kategori Barang Milik Negara untuk proses lelang guna penghapusan Barang Milik Negara pada Kamis (3/8/2023). Ketua Tim Peghapusan Buku Milik Negara Erwan Budiyanto, S.Pd. saat dikonfirmasi melalui pesan whatssapp menyampaikan bahwa buku paket perpustakaan yang termasuk Barang Milik Negara dan sudah tidak layak pakai karena sudah tidak sesuai dengan kurikulum yang berlaku di madrasah, maka akan dihapus melalui lelang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Menurut Kepala Madrasah Agus Sholeh, S.Ag. pengelolaan Barang Milik Negara dilaksanakan berdasarkan asas fungsional, kepastian hukum, transparansi, efisiensi, akuntabilitas dan kepastian nilai. Apabila ada BMN dengan kondisi tidak layak pakai dan perlu dilakukan penghapusan BMN, maka penghapusan dapat dilakukan dengan cara pelelangan.