Tiga Guru PAI MTsN 8 Sleman Hasilkan Buku Sejarah Kebudayaan Islam

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Dalam era Merdeka Belajar saat ini, para guru dituntut tidak hanya bisa mengajar sebagai tugas utama, namun juga harus bisa mengembangkan ilmu dan wawasannya melalui tulisan.

Usai mendapatkan pelatihan penulisan KTI kerjasama dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, tiga guru PAI MTsN 8 Sleman menghasilkan buku berjudul Sejarah Kebudayaan Islam. Dengan penulis Tanaya Yuka Prihatma, S.S., Daniel Arief Budiman, S.Hum dan Muh. Arwani Munib, S.Th.I.

Ditemui di meja kerjanya, Rabu (26/01/2022) Daniel Arief Budiman mengatakan buku tersebut berisi tentang materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sesuai dengan KMA KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab bagi Madrasah.

“Buku ini hadir sebagai buku bahan bacaan untuk mendukung ketersediaan materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam baik itu ditingkat Tsanawiyah maupun Aliyah,” ujar guru SKI tersebut.

Senada, Tanaya Yuka dan Arwani Munib mengatakan penulisan buku menggunakan metode meruntutkan waktu peadaban Islam secara kronologis dengan berpedoman pada KMA No 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah. Ditulis semenjak Kehidupan Nabi Muhammad SAW hingga Sejarah Peradaban Islam di Indonesia.

Sementara itu, Kepala MTsN 8 Sleman, Jazim Kholis, S.Ag. memberikan apresiasi atas karya dan inovasi yang dihasilkan guru PAI di madrasahnya. Dirinya berharap hadirnya buku tersebut dapat memantik untuk penulisan buku – buku selanjutnya oleh guru MTsN 8 Sleman.

“Setiap buku yang dihasilkan guru ini patut diapresiasi, mereka tidak hanya pandai dalam mendidik siswa menjadi pintar, namun juga bisa mencurahkan ilmunya melalui buku bacaan yang tentunya akan bermanfaat bagi orang banyak,” tandas Jazim.(imm)