Menumbuhkan Karakter dan Mental Siswa MTs N 8 Sleman Lewat Sholat Dhuha Bersama

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Hal utama dalam islam adalah ibadah sholat, bahkan karena keutamaannya, sholat merupakan tiang agama. Selain sholat fardhu (wajib) yang lima waktu adapula sholat sunnah yang bisa diamalkan oleh setiap muslim, salah satunya adalah sholat dhuha. Pembiasaan sholat dhuha bersama adalah salah satu upaya positif yang dilakukan madrasah untuk mengoptimalkan output mental siswa yang berbudaya karakter yang baik bagi siswa.

Kepala Madrasah Agus Sholeh, S.Ag. menyampaikan bahwa sholat dhuha bersama setiap pagi yang melibatkan seluruh warga madrasah akan terus dilakukan karena sejalan dengan visi dan misi madrasah juga berdampak positif bagi siswa.

“Siswa jadi lebih disiplin sampainya di madrasah tepat waktu dan bisa mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, dan budi pekerti siswa baik didalam maupun diluar madrasah. Dengan demikian madrasah telah ikut melaksanakan program pemerintah tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang tercantum dalam kurikulum,” tambahnya.

Kepala madrasah menambahkan dengan adanya program ini selain tujuan akhirat juga bisa menjadi penyemangat dalam diri siswa agar terus dapat menjadi insan yang berakhlak baik, santun, dan konsisten dalam beribadah.