Layanan Meja Sirkulasi Perpustakaan MTsN 8 Sleman

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Perpustakaan merupakan titik sentral dalam pengelolaan peminjaman dan pengembalian buku perpustakaan. Meja sirkulasi adalah tempat pengunjung dapat memeriksa buku, majalah, dan koleksi lainnya dan mengembalikannya setelah selesai.

Meja sirkulasi perpustakaan merupakan pusat pelayanan sirkulasi perpustakaan yang dilengkapi dengan sistem manajemen perpustakaan yang memungkinkan perpustakaan melacak peredaran buku dan mempermudah dalam memantau peminjaman buku.

Sistem layanan meja sirkulasi perpustakaan MTsN 8 Sleman menggunakan system layanan terbuka yang berarti bahwa setiap pengunjung secara bebas mencari, memilih, dan mengambil sendiri buku yang ada sesuai dengan kepentingannya.

“Jadi pengunjung bisa lebih leluasa untuk memilih koleksi yang ada diperpustakaan sesuai keinginannya tetapi masih bisa tetap terpantau oleh pihak perpustakaan. Keluar masuknya buku masih bisa dipantau oleh petugas perpustakaan dan meminimalisir kehilangan buku dengan adanya meja sirkulasi,” ujar Himawan Bayu Nugroho, S.Pd. selaku Kepala Perpustakaan. (iks)