Ikuti Protokol Kesehatan, Pustakawan MTsN 8 Sleman Layani Pengembalian Buku

Yogyakarta (MTsN 8 Sleman) – Memasuki masa – masa akhir semester genap Tahun Ajaran 2019/2020 pustakawan MTsN 8 Sleman kembali disibukkan dengan kegiatan Layanan Sirkulasi Perpustakaan.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ditengah kondisi pandemik Covid 19, ketiga pustakawan, Siti Nur Hidayati, S.Pd., Dina Rachmawati, A.Md dan Endang Widayati membuka pelayanan pengembalian buku bagi 195 siswa siswi kelas IX.

Berada di ruang kerjanya, Selasa (21/04/2020) Kepala Perpustakaan MTsN 8 Sleman, Siti Nur Hidayati, S.Pd. mengungkapkan jika prosedur pengembalian buku tahun ini agak sedikit berbeda dengan tahun–tahun sebelumnya.”Dengan mempertimbangkan kondisi sekarang ini, ditengah merebaknya wabah Covid-19 maka prosedur pengembalian buku harus mengikuti protokol kesehatan, setiap siswa yang datang harus memakai masker, kemudian sebelum dan sesudah pengembalian buku juga wajib mencuci tangan”ujar Nur Hidayati.

“Selain itu juga kita batasi jumlah siswa yang mengembalikan, hanya sekitar 15 sampai 17 siswa per hari, hal ini untuk meminimalisir kerumuanan orang dalam jumlah banyak, kemudian pada saat antrian juga sudah kita atur jarak antar siswa yaitu 1 hingga 2 meter,” tambah guru pengampu Bahasa Inggris kelas VII tersebut.

Pada kesempatan yang sama,  Dina Rachmawati, A.Md, menerangkan tentang rincian buku yang akan dikembalikan oleh siswa.”Jumlah buku yang dikembalikan ada 26 buku, yang terdiri dari 16 buku mapel wajib, 5 buku prediksi UAMBN, 4 buku siap UN dan 1 buku modul Bahasa Arab, selain itu jika ada peminjaman buku fiksi juga wajib dikembalikan,” terang Dina.

Endang Widayati menambahkan, setelah siswa selesai mengembalikan buku maka akan diberikan kartu bebas peminjaman perpustakaan.”Jika telah lengkap mengembalikan semua buku, maka akan diberikan kartu bebas pustaka, kartu tersebut  digunakan sebagai salah satu syarat pengambilan ijazah maupun rapor,”pungkasnya.

Tidak hanya mengembalikan buku saja, siswa juga membantu menyusun dan mengitung buku-buku yang telah dikembalikan agar buku rapi dan bersih untuk kemudian akan didistribusikan kembali kepada adik kelas mereka.

Selain itu juga terdapat pembagian masker gratis kepada para siswa yang datang untuk mengembalikan buku perpustakaan, hal ini sebagai salah satu wujud kepedulian madrasah untuk ikut memastikan dan menjaga kesehatan siswa. (imm)