Latih Kerapian Siswa, MTs N 8 Sleman Adakan Kebersihan Kuku Serentak

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Untuk melatih kedisiplinan dan kerapian siswa, guru MTsN 8 Sleman pada Jumat (11/8/2023) secara serentak pada jam pertama melakukan razia kuku siswa untuk mengontrol kebersihannya di kelas-kelas. Dra. Hj. Siti Nursyafangatun selaku koordinator UKS saat masuk kelas VII F untuk melakukan razia kuku mengatakan bahwa menjaga kebersihan kuku sangat penting untuk dilakukan karena kuku dapat menjadi salah satu tempat kuman untuk bersarang, dan ini merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Dengan rutin melakukan kontrol kebersihan kuku siswa, maka siswa akan terbiasa menerapkan pola hidup sehat, karena kuku yang panjang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kuman yang bersarang didalamnya,” tambahnya. Guru yang akrab di sapa Miss Syafa ini juga menyampaikan bagi siswa yang kedapatan berkuku panjang akan diminta untuk langsung memotong kukunya saat itu juga.

Syafa berharap kebiasaan baik yang diajarkan di madrasah ini nantinya juga harus didukung oleh orangtua dan keluarga di rumah untuk terus memberikan pengawasan kepada siswa karena lingkungan keluarga juga memberikan pengaruh yang besar bagi perilaku dan sikap siswa. Salah satu siswa kelas VII F yang kedapatan kukunya panjang berjanji akan selalu menjaga kebersihan kukunya agar tidak menjadi sarang penyakit dan akan rutin memotong kukunya.