Bersiap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, MTsN 8 Sleman Berikan Sosialisasi Kepada Orangtua/Wali Siswa

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Setelah melaksanakan  pembelajaran online hampir 1,5 tahun lamanya, MTsN 8 Sleman bersiap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) antara guru dan siswa.

Sebelum pelaksanaan, madrasah yang berada di Prambanan tersebut mengadakan sosialisasi PTMT secara virtual melalui zoom meet serta kanal youtube madrasah, Ahad (10/10/2021). Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Madrasah, Ketua Komite, Guru Tendik serta Orangtua/Wali Siswa kelas 7,8 dan 9.

Dalam sambutannya, Kepala MTsN 8 Sleman Jazim Kholis, S.Ag. mengatakan pembelajaran tatap muka terbatas telah sesuai dengan aturan surat edaran yang berlaku, baik dari Kemenag, Dinas Pendidikan, Gubernur DIY maupun Bupati Sleman.

“Insya Allah pembelajaran tatap muka terbatas di MTsN 8 Sleman akan dimulai pada hari Senin 11 Oktober 2021, hal ini sudah sesuai dengan surat edaran yang telah disahkan,” ujar Jazim.

Dirinya menambahkan, pihak madrasah telah mempersiapkan segala sesuatu guna kelancaran PTMT, baik secara administratif maupun sarana prasarana. Diantaranya ijin dari Satgas Covid-19, persetujuan orangtua atau wali siswa, guru dan siswa madrasah yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19, tempat cuci tangan di setiap kelas serta pengaturan tempat duduk berjarak di tiap – tiap kelas dengan kapasitas 50%.

Sementara itu Ketua Komite Madrasah, Tyas Endarto Budi Prayitno, S.Ag. mewakili seluruh orangtua maupun wali menyambut gembira pembelajaran tatap muka terbatas. Ditambahkannya, pembeajaran tatap muka dapat menghilangkan kejenuhan baik guru maupun siswa dalam melaksanakan pembelajaran online.

“Mudah – mudahan dengan dilaksankan PTMT ini akan meningkatkan kualitas belajar anak – anak serta perbaikan karakter siswa,” tandasnya.

Memasuki inti acara, kegiatan sosialisasi diawali dengan penjelasan secara umum kegiatan PTMT oleh Waka Kurikulum Drs. Muhamad Jafron dan dilanjutkan dengan pemaparan teknis pelaksanaan oleh staff kurikulum Tanaya Yuka Prihatma, S.S.

Dijelaskan, PTMT di MTsN 8 Sleman menggunakan sistem bergantian di tiap jenjang kelas. Untuk siswa kelas 7 masuk di hari Senin dan Kamis, kelas 8 hari Selasa dan Jumat sedangkan kelas 9 di hari Rabu dan Sabtu. Dengan durasi pertemuan setiap hari selama 2 jam tanpa ada jam istirahat.

Selain itu, pihak madrasah juga telah menyiapkan petugas pengecekan suhu, alur masuk dan pulang bagi siswa, petugas piket untuk kontrol dan monitoring prokes, desinfektan usai pembelajaran selesai, serta petugas penanganan kedaruratan.(imm)