Keseruan Peserta Didik MTs N 8 Sleman, Belajar Entrepreneurship di Market Day

Sleman (MTsN 8 Sleman) Keseruan sudah terlihat sejak pagi hari, Sabtu 18 Maret 2023, di lapangan MTsN 8 Sleman. Anak-anak menyiapkan peralatan yang akan mereka buat untuk acara Market Day dalam rangka Acara Puncak HAB MTsN 8 Sleman ke- 45.

Sudah jauh-jauh hari mereka mempersiapkan untuk acara market day, dari apa yang mau dijual, konsepnya seperti apa, berapa harganya, bagaimana mengumpulkan dana dan lain-lain. Hal ini melibatkan seluruh anak, wali kelas hanya mengarahkan dan mendukung penuh kegiatan ini. Karena pada dasarnya anak-anak ternyata lebih kreatif.

Mempersiapan barang-barang yang akan dijual di Market Day, dari alat masak, bahan, makanan, minuman, meja kursi, daftar menu. Yang mereka jual rata-rata jajanan kekinian jajanan yang disukai anak-anak, seperti sempol ayam, es kuwut, seblak, kopi dalgona, cireng isi, bakwan kawi dan lain-lain. Kreatifitas mereka juga terlihat dari dibuatnya daftar menu dan harga yang ditempel di tiap stand. Artinya anak-anak sudah siap untuk melakukan transaksi jual beli.

Market day adalah kegiatan jual beli atau transaksi. Kegiatan ini mempunyai tujuan yang bagus untuk anak-anak. Bagaimana melatih mereka untuk menjadi seorang “Entrepreneur” atau wirausaha. Selain itu lebih memberikan kesempatan anak untuk membangkitkan kreativitas, sikap yang tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan. Anak juga lebih baik dalam berkomunikasi, mudah beradaptasi, dan berani mengambil resiko. (hm8)