Gladi Bersih UNBK dan AKM Siswa Kelas IX MTsN 8 Sleman Berjalan Sukses

Yogyakarta (MTsN 8 Sleman) – Gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan pengenalan soal Asesmen Komptensi Minimum (AKM) berlangsung secara nasional pada hari Senin dan Selasa  (02-03/ 03/2020). Kegiatan yang bertujuan untuk mematangkan kesiapan sarana prasarana serta kesiapan siswa juga dijalani oleh seluruh siswa kelas IX MTsN 8 Sleman.

Sejumlah 195 siswa mengikuti Gladi bersih UNBK yang berlangsung selama dua hari dengan system dua sesi dan tiga ruang laboratorium komputer berjalan dengan sukses dan lancar. Sesi pertama dimulai pada pukul 07.30 WIB, sesi kedua pada pukul 10.30 WIB. Pada hari pertama berlangsung ujian mata pelajaran Bahasa Inggris. Pada hari kedua berlangsung ujian mata pelajaran Matematika yang dipadukan dengan soal – soal AKM serta survei karakter siswa yang akan digunakan mulai tahun depan sebagai bahan tolak ukur kemampuan siswa.

Gladi bersih UNBK sendiri bertujuan untuk memastikan infrastruktur dan sistem di madrasah sudah siap dan berfungsi dengan baik, serta data peserta sudah tercatat dengan benar dan lengkap. “Sampai saat ini tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan gladi bersih, secara umum seluruh komputer dan infrastruktur lainnya berjalan dengan baik, hanya ada sedikit permasalahan seperti keyboard atau mouse tidak berfungsi maupun jaringan yang disconnect. Tetapi semua dapat teratasi dengan baik,” ujar Nur Dyah Rachmawati, S.Kom, teknisi kegiatan ujian dari MTsN 8 Sleman tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala MTsN 8 Sleman, Jazim Kholis, S.Ag menjelaskan, kegiatan Gladi Bersih UNBK dapat berjalan dengan lancar.” Alhamdulilah, kegiatan Gladi UNBK tahun 2020 ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang serius, apresiasi tinggi kami ucapkan kepada seluruh proktor dan teknisi MTsN 8 Sleman yang telah mempersiapkan sarana untuk ujian, juga kepada bagian Kurikulum, wali kelas IX serta bapak ibu guru semua yang telah berjuang keras dalam mempersiapkan siswa–siswi dalam menghadapi Ujian Nasional nantinya,” tandas Jazim.

Waka Kurikulum, Drs.Muh Jafron menambahkan pelaksanaan geladi bersih UNBK di MTsN 8 Sleman kemarin berguna untuk menguji kesiapan infrastruktur ujian seperti jaringan, server, client dan aplikasinya.”Gladi ini bagus untuk mematangkan persiapan menjelang UNBK Utama di bulan April mendatang, baik persiapan secara ilmu maupun sarana dan prasarana madrasah, sehingga jika terdapat kendala teknis dapat dideteksi sedini mungkin dan dipersiapkan solusinya,”tutur Jafron. (imm)