Upaya Pencegahan Anemia, MTsN 8 Sleman Laksanakan Pemeriksaan Golda dan Hemoglobin

Yogyakarta (MTsN 8 Sleman) – Anemia merupakan masalah gizi yang paling lazim di dunia dan menjangkiti lebih dari 600 juta manusia. Anemia adalah penyakit kurang darah yang ditandai dengan kadar hemoglobin (Hb) dan sel darah merah (eritrosit) lebih rendah dibandingkan normal. Di Indonesia anemia karena kekurangan zat besi masih merupakan salah satu masalah kesehatan yang tinggi di samping masalah gizi yang lainnya. Dampak anemia pada anak sekolah adalah meningkatnya angka kesakitan dan kematian, terhambatnya pertumbuhan fisik dan otak, terhambatnya perkembangan motorik, mental dan kecerdasan.

Dengan data prevalensi kasus anemia yang cukup tinggi di kecamatan Prambanan, MTsN 8 Sleman bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah ( UPTD ) Puskesmas Prambanan melaksanakan kegiatan pemeriksaan golongan darah dan hemoglobin bagi siswa. Program kegiatan ini merupakan salah satu program pokok UKS yaitu pelayan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. Dan merupakan ragkaian kegiatan yang telah terlaksana sebelumnya yaitu screening kesehatan, sosialisai buku raport kesehatan siswa dan pemberian tablet penambahah darah.

Pemeriksaan golongan darah dan hemoglobin ini dilakukan oleh team UPTD Puskesmas Prambanan yaitu Happy Septianti, A.Mak beserta Sundari, AMK., pemeriksaan difokuskan kepada siswa kelas VII secara bergantian diambil sampel darah oleh petugas kesehatan yang akan memeriksa kadar Hemoglobin nya apakah normal atau tidak sesudah treatmen mengonsumsi tablet penambah darah yang sudah di bagikan sebelumnya.

Sementara itu Pembina Usaha Kesehatan Madrasah (UKM) Dra. Hj. Siti Nursafangatun mengatakan, sangat mengapresiasi terhadap pemeriksaan golongan darah dan hemoglobin yang dilakukan petugas kesehatan Puskesmas Prambanan kepada siswa siswi MTsN 8 Sleman dengan tujuan adanya pemeriksaan tersebut siswa Madrasah dapat terkontrol dengan baik kesehatannya. ”Kegiatan pemeriksaan golda dan Hb oleh petugas kesehatan Puskesmas Prambanan ini bertujuan untuk mengetahui kecukupan gizi dalam masa tumbuh kembang siswa MTsN 8 Sleman,” ujanya. Sehingga diharapkan dengan kondisi kesehatan yang baik akan meningkatkan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien, tambahnya. (imm)