Tinjau Pembuatan Batik MTsN 8 Sleman, Tamu Undangan Apresiasi Hasil Karya Siswa

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Puncak peringatan Hari Batik Nasional 2022 di MTsN 8 Sleman digelar secara meriah, setelah penyerahan SK Madrasah Ketrampilan Batik oleh Kanwil Kemenag DIY, para tamu undangan diajak oleh Kepala Madrasah untuk melihat secara langsung pembuatan batik ciprat khas MTsN 8 Sleman, Sabtu (22/10/2022).

Tamu undangan yang terdiri dari Plt Kasi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah Kanwil Kemenag DIY H. Fahrudin, S.Ag., M.A., Kasi Dikmad Kemenag Sleman Drs. H. Suharto, Ketua Komite Madrasah Tyas Endarto Budi Prayitno, S.Ag. serta pengawas pembina madrasah Drs. Mujiyono, M.Pd.I. berkesempatan melihat step by step proses karya batik yang dibuat oleh para siswa.

Dipandu oleh guru Batik Rohmad Rapih Raharjo, S.Pd., para tamu undangan melihat proses nyiprat, pewarnaan, penguncian warna, penguasan dan penyantingan, serta pelorodan. Selain itu, mereka juga berkesempatan membuat pola batik ciprat yang nantinya kain tersebut akan dijadikan kain sandang batik.

Lebih lanjut Rapih menjelaskan sebagaian besar batik yang dihasilkan merupakan batik kontemporer, dimana motif batik tersebut lebih mengedepankan pewarnaan bersifat gradasi serta perpaduan warna yang indah dengan dipoleskan menyatu membuatnya tak memiliki batas antara warna

Saat ditunjukkan hasil batik yang sudah jadi, Fahrudin mengatakan kain batik buatan MTsN 8 Sleman memiliki motif yang unik, kekinian dan tidak kalah bagus dengan yang ada di pasaran. Dirinya berharap pembelajaran keterampilan batik dapat meningkatkan kreatifitas, ketrampilan vokasi praktis serta melatih jiwa entrepreneurship bagi para siswa.

“Bagus sekali hasil jadi kain batik dari siswa MTsN 8 Sleman, semoga ketrampilan ini dapat meningkatkan vokasi serta entrepreneurship bagi para siswa,” pungkas Fahrudin.(imm)