Tingkatkan Sosial Kemasyarakatan, Kepala MTsN 8 Sleman Isi Khutbah di Masjid An-Nuur Pelemsari

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Sleman, Jazim Kholis, S.Ag. berkesempatan melaksanakan shalat Jumat berjamaah di Masjid An-Nuur Pelemsari Bokoharjo Kecamatan Prambanan, Jumat (13/11/2020).

Shalat berjamaah sekaligus silaturahmi dengan masyarakat desa Pelemsari tersebut rutin diadakan madrasah tersebut guna menjalin sosial kemasyarakatan serta wujud kepedulian madrasah terhadap kegiatan keagamaan bagi warga sekitar lingkungan madrasah. Kepala MTsN 8 Sleman mendapatkan kesempatan emas dan kepercayaan dari warga sekitar madrasah sebagai khotib, dengan materi khutbah “Ridha akan takdir dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala”.

Dalam khotbahnya, Jazim Kholis menuturkan ketika hati kita ridha dan ikhlas menerima semua ketentuan Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada kita, disaat itulah Allah akan berikan kepada kita berbagai macam kenikmatan yang tidak bisa digantikan dengan apapun juga. Kenikmatan itu berupa dada yang lapang, kesabaran menghadapi ujian dan cobaan, kenikmatan itu berupa kita menjadi hamba-hamba yang tegar dan kuat menghadapi berbagai macam ujian. Karena hati kita ridha menerima ketentuan yang Allah berikan kepada kita.

“Maka orang yang senantiasa berusaha untuk ridha dengan takdir yang Allah berikan kepadanya, akan diberikan hidayah oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Hidayah untuk senantiasa sabar, hidayah untuk senantiasa Istiqamah diatas agamanya, dan ini kenikmatan yang luar biasa yang tidak akan pernah kita dapati dalam kehidupan dunia yang lebih baik darinya,” kata Jazim saat menjadi Khotib Sholat Jumat.

Lebih jauh, Jazim Kholis menegaskan tentang pentingnya keyakinan bahwa semua yang Allah berikan kepada kita adalah adalah kebaikan untuk diri kita. Karena sesungguhnya hakikat musibah yang menimpa berupa sakit ataupun musibah yang lain adalah menggugurkan dosa dan mengangkat derajat, dan terkadang menghindarkan kita dari suatu marabahaya yang lain yang lebih besar, hanya Allah yang Maha Tahu.

Di akhir khotbahnya, Jazim Kholis mengingatkan kepada dirinya sendiri serta para jamaah yang hadir untuk senantiasa ridha dan ikhlas terhadap segala ketentuan dari Allah, karena orang yang hidupnya paling tentram dan tenang adalah orang yang paling ridha dengan ketentuan yang Allah berikan kepadanya.

Saat dikonfirmasi, usai pelaksanaan shalat Jumat, Jazim Kholis mengatakan, kegiatan sosial kemasyarakatan  dan keagamaan bagi warga sekitar madrasah akan terus ditingkatkan. “Merupakan sinergi yang sangat bagus apabila madrasah dapat berkontribusi secara langsung bagi warga sekitar, kegiatan yang rutin dilakukan di MTsN 8 Sleman antara lain pembagian zakat, pembagian hewan kurban maupun mengisi khutbah shalat Jumat akan selalu kita tingkatkan,” ujar Jazim mengakhiri pembicaraannya.(imm)