Siswa-siswi MTsN 8 Konsisten Hasilkan Produk Batik

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Kehadiran ragam hias dalam kehidupan sehari –hari merupakan bagian dari kebutuhan manusia akan nilai estetis. Salah satunya yang sangat kental dengan ragam hias adalah produk – produk kerajinan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari –hari misal kerajinan batik, logam, kulit kayu dan keramik.

Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Batik disemester 2 ini mencoba mengkreasikan ragam hias baik flora, fauna, geometris, non geometris dengan memasukkan unsur – unsur seni rupa dan prinsip seni rupa kedalam sebuah karya fungsi bentuk sarung bantal batik ukuran 50 x 50 cm. Demikian diungkapkan guru Batik MTsN 8 Sleman, Rochmad Rapih Raharjo, S.Pd. saat melaksanakan kegiatan KBM Batik pada Senin pagi (30/1/2023).

Pak Rapih selaku Guru Mata Pelajaran Batik menjelaskan bahwa semua proses dilalui siswa dengan penuh semangat dan teliti secara individu. Mulai dari proses pembuatan pola dikertas, pemindahan pola ke kain, pencantingan, pewarnaan dengan teknik colet, yaitu dengan cottonbath, kemudian pewarnaan, penguncian warna dan terakhir pelorodan.

”Dalam proses KBM Batik ini diharapkan siswa bisa lebih kreatif teliti dan sabar,” tutup Pak Rapih. (Humas)