Pustakawan MTsN 8 Sleman Adakan Program Hibah Buku

Yogyakarta (MTsN 8 Sleman) – Berbagai program kegiatan terus diadakan Perpustakaan MTsN 8 Sleman. Berbagai inovasi dan kreasi dilakukan guna peningkatan mutu pelayanan kepada warga madrasah. Mengawali agenda di bulanFebruari ini, pustakawan MTsN 8 Sleman mengadakan Program Hibah Buku Guru dan Pegawai, sesuai dengan surat edaran B.33/MTs.12.07/KP.00.5/1/2020 yang berlaku di lingkungan satker MTsN 8 Sleman.

Pada Senin (03/02/2020) bertempat di ruang perpustakaan MTsN 8 Sleman, Kepala Perpustakaan, Siti Nur Hidayati, S.Pd menjelaskan, selain untuk peningkatan mutu pelayanan, program ini juga bertujuan untuk pengembangan koleksi pustaka.”Selain untuk peningkatan mutu pelayanan, Program Hibah Buku ini juga untuk pengembangan koleksi pustaka, jadi buku – buku yang dapat dibaca warga madrasah lebih bervariasi”ujar pengampu mapel Bahasa Inggris kelas VII tersebut.

Seperti yang tertuang dalam surat edaran diatas, program yang dimulai dari tanggal 01 Februari 2020 tersebut hibah buku dapat berupa buku baru maupun buku lama yang masih layak untuk dibaca. Terdapat tiga macam kategori koleksi buku, pertama, koleksi fiksi dapat berupa novel, cerpen, komik maupun kartun. Kedua, koleksi non fiksi, yang berupa ilmu pengetahuan, wawasan, agama, kesehatan dan lain – lain. Dan yang ketiga yaitu koleksi referensi, berupa kamus, ensiklopedia, terbitan berseri, majalah maupun Al-Qur’an.

Kepala Perpustakaan menjelaskan lebih lanjut, program ini juga berguna untuk meningkatkan kesadaran baca pada siswa madrasah. Hal ini penting mengingat kesadaran dan semangat baca menjadi penentu lahirnya generasi yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas di tengah perkembangan teknologi dan persaingan global yang makin ketat dewasa ini.(imm)