Program Pesantren Ramadhan Daring, MTsN 8 Sleman Lengkapi Kegiatan Belajar di Rumah

Yogyakarta (MTsN 8 Sleman) – Bulan Suci Ramadhan 1441 Hijriyah berjalan dalam situasi pandemi Covid-19, atas kondisi tersebut MTsN 8 Sleman kembali memperpanjang kebijakan perihal Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi peserta didik. Selama bulan Ramadhan, KBM yang telah berjalan dengan sistem daring tetap berlangsung,  ditambah kegiatan pesantren Ramadhan yang juga dilaksanakan melalui daring.

Hal itu disampaikan oleh Kepala MTsN 8 Sleman, Jazim Kholis, S.Ag dalam rapat agenda yang membahas kegiatan bulan Ramadhan 1441 H beserta tim koordinator keagamaan dan Wakil Kepala Madrasah di ruang Kepala Madrasah, Rabu (22/04/2020).

Jazim mengatakan, ditengah kondisi para siswa masih menjalani masa Belajar di Rumah, pihak madrasah merasa perlu untuk tetap memberikan panduan beserta program kegiatan Ramadhan guna membimbing dan mendampingi siswa – siswi dalam menjalani aktivitas belajar dan beribadah di bulan Ramadhan tahun ini.

”Selain KBM yang telah berjalan secara daring sesuai arahan dari Kementerian Agama, madrasah juga menambahkan Program Ramadhan secara daring, dengan tujuan untuk mendampingi dan membimbing agar siswa – siswi madrasah tetap fokus dan tekun dalam belajar maupun beribadah di rumah,” ujarnya.

Ketua tim koordinator keagamaan, Daniel Arief Budiman, S.Hum mengatakan, Panduan Aktivitas Siswa Program Ramadhan 1441 H ini berisikan jadwal kegiatan belajar siswa beserta bimbingan materi ibadah. ”Panduan aktivitas telah kita susun dimulai dari siswa makan sahur, sholat fardhu dan tarawih, tadarus Al-Qur’an, kegiatan KBM online, serta membantu pekerjaan orang tua dirumah. Untuk materi nya sudah kita upload dengan alamat bit.ly/PKR1441HMTsN8Sleman,” tandas guru SKI tersebut.

Sedangkan untuk program pesantren Ramadhan dilaksanakan tanggal 27-28 April 2020 dengan kegiatan menulis kisah/cerita Islam seperti kisah para Nabi dan Rasul, Sahabat Nabi maupun penyebar Islam di Nusantara (Wali Songo dan lain-lain). Selain itu juga kegiatan pembuatan poster Islami yang memuat tema Ramadhan atau Idul Fitri 1441 H. Dan juga dokumentasi tradisi sungkeman dan pembuatan ketupat bersama keluarga di rumah.

Pada kesempatan yang sama, Waka Humas, Dra.Hj. Rini Sri Hastuti menambahkan pesantren Ramadhan memang sudah dilaksanakan secara rutin setiap bulan Ramadhan.”Kegiatan pesantren Ramadhan rutin setiap tahun kita laksanakan, dengan tujuan untuk mengisi nilai-nilai spiritualitas anak dan untuk memotivasi mereka agar menjadi insan yang baik,” ungkapnya. (imm)