Produktif Saat Pandemi, Pramuka MTsN 8 Sleman Gelar Latihan Rutin Secara Virtual

Sleman (MTsN 8 Sleman) –  Kegiatan Pramuka identik dengan kegiatan yang mengajarkan berbagai keterampilan dan nilai-nilai yang membentuk kepribadian seperti kegiatan baris – berbaris atau latihan dengan menggunakan fisik, semapur, sandi morse dan lain sebagainya.

Namun, saat pandemi saat ini, beberapa kegiatan pembelajaran termasuk pramuka harus ditiadakan sementara agar tidak terjadi penyebaran wabah corona yang lebih luas. Melihat hal tersebut, Pramuka MTsN 8 Sleman tidak kehabisan ide untuk tetap aktif beraktivitas.

Selama dua bulan, sejak bulan Agustus lalu, Ekstrakurikuler ini sudah rutin mengadakan Latihan Rutin secara Virtual melalui Whatsapp Group. Dra. Hj. Hartini, selaku Koordinator Pembina Satuan mengatakan, kegiatan Pramuka ini tetap dilaksanakan agar tetap menjalankan program kerja yang telah disusun.

“Yang melatarbelakangi tetap berlangsungnya kegiatan Pramuka di MTsN 8 Sleman ini adalah karena kami telah menyusun program kerja selama 1 tahun ke depan, dan kami harus tetap menjalankan program yang telah kami susun tersebut, walaupun di masa pandemi ini dari situlah tercetus latihan online ini,” ungkap Hartini.

Hartini menuturkan, walau dilakukan secara virtual, anggota Pramuka MTsN 8 Sleman tetap bersemangat menjalani agenda latihan yang diberikan oleh para Pembina Satuan. Latihan Pramuka di MTsN 8 Sleman dilaksanakan setiap hari Jum’at mulai dari jam setangah satu sampai jam dua siang. Dan untuk fokus dalam pelatihan online ini adalah pengetahuan tentang kepramukaan, misalnya sejarah Pramuka, AD ART Pramuka, Dasa Darma, Sandi Morse dan lain sebagainya.

Selama latihan rutin ini, Hartini menjelaskan bahwa dalam setiap pertemuan akan diberikan dua materi yang dikirim dalam bentuk file. Dan para pembina satuan biasanya memvariasikan bentuk latihan rutin dengan rekaman sura yang dibagikan melalui group.

“Latihan secara virtual ini tentunya tidak lebih baik daripada kegiatan yang dilakukan secara bertatap muka langsung, tapi dengan adanya kerja sama antara Pembina Gugus Depan, Koordinator Pembina, Pembina Satuan serta adik – adik anggota Pramuka, dan semua pihak yang terlibat Insya Allah bisa dimaksimalkan,” tambahnya.(imm)

*Tetap Sehat dan Semangat*

*#LawanCovid-19*