Peserta Kemah Budaya MTsN 8 Sleman Laksanakan Bersih Lingkungan di Bumi Perkemahan Banyunibo

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Para peserta Kemah Budaya MTsN 8 Sleman menunjukkan semangat kebersamaan dan kepedulian terhadap lingkungan dengan mengikuti kegiatan bersih lingkungan di sekitar Bumi Perkemahan Banyunibo. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara pada hari terakhir kemah budaya yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai sosial dan kepedulian terhadap lingkungan kepada para siswa.

Dimulai sejak pagi hari, tiap regu mengirimkan 3 perwakilan untuk membersihkan area sekitar perkemahan. Dengan penuh semangat, mereka memungut sampah, menyapu, dan merapikan area yang digunakan selama kegiatan kemah berlangsung. Kegiatan ini dipandu oleh para pembina Pramuka yang turut serta memberikan contoh dan arahan.

Salah satu peserta, Hafid, mengungkapkan rasa senangnya bisa berpartisipasi dalam kegiatan bhakti sosial ini. “Kami sangat senang bisa ikut serta membersihkan lingkungan di sini. Selain membuat tempat ini menjadi lebih bersih, kami juga belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan,” ujarnya. Aulia dan teman-temannya berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan menginspirasi masyarakat sekitar untuk turut menjaga kebersihan lingkungan.

Kepala MTsN 8 Sleman, Agus Sholeh, S.Ag., yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, memberikan apresiasi tinggi kepada para siswa. “Saya sangat bangga dengan partisipasi dan semangat para siswa dalam kegiatan bersih lingkungan ini. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi lingkungan sekitar, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai kebersamaan, tanggung jawab, dan kepedulian sosial kepada para siswa,” tuturnya.

Kegiatan bersih lingkungan diakhiri dengan pengumpulan dan pemisahan sampah di tempat sampah yang telah disediakan.  Pesan dari para pembina agar semangat menjaga kebersihan lingkungan tidak berhenti di sini saja. Para peserta diharapkan dapat terus menerapkan nilai-nilai positif yang telah dipelajari selama kemah budaya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kegiatan ini, MTsN 8 Sleman berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan dan masyarakat sekitar, serta membentuk generasi muda yang peduli dan bertanggung jawab. (hm8)