Persiapkan Implementasi SAKTI, MTsN 8 Sleman Ikuti Pelatihan dari KPPN Yogyakarta

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Seluruh staff Tata Usaha beserta Kepala Madrasah MTsN 8 Sleman mengikuti sosialisasi dan pelatihan aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) yang digelar oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Yogyakarta secara daring, Senin (20/09/2021).

Kegiatan pelatihan yang akan berlangsung dari tanggal 20 September – 01 Oktober 2021 tersebut diikuti oleh seluruh instansi pemerintahan di Yogyakarta dengan materi pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban anggaran. Demikian dikatakan Kepala Tata Usaha, Mekar Dwi Astuti, S.HI.  di ruang kerjanya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan aplikasi SAKTI digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN).

“Aplikasi SAKTI merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang telah digunakan pada tingkat satker saat ini, selain itu aplikasi ini juga mengadopsi proses bisnis yang baru sesuai dengan proses bisnis yang dianut oleh SPAN,” ujarnya.

Dalam aplikasi SAKTI terdapat beberapa modul yang akan diimplementasikan oleh satker, yakni modul penganggaran, modul komitmen, modul pembayaran, modul bendahara, modul persediaan, modul aset tetap, modul pelaporan serta modul administrator. Modul-modul tersebut mengakses satu database bersama, sehingga tidak lagi terjadi duplikasi data seperti pada aplikasi sekarang.

Sementara itu Kamad MTsN 8 Sleman Jazim Kholis, S.Ag. menandaskan komitmennya untuk mensukseskan pengembangan dan implementasi aplikasi SAKTI di satkernya di tahun 2022 mendatang.

“Dengan mengikuti pelatihan ini semoga akan menambah pemahaman kami dalam menjalankan aplikasi ini dan akan kami maksimalkan kegiatan pelatihan yang diadakan oleh KPPN Yogyakarta,” tandas Jazim.(imm)