Persiapan ASPD 2024, Protek MTsN 8 Sleman Ikuti Bimtek

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DI Yogyakarta menyelanggarakan kegiatan bimbingan teknis aplikasi ASPD Berbasis Komputer. Bertempat di Sasana Cipta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DI Yogyakarta Jl. Cendana No. 9 Umbulharjo Yogyakarta diadakan Bimtek Proktor/Teknisi ASPD Jenjang SMP/MTs/Paket B/Wustha Daerah Istimewa Yogyakarta pada Senin (06/05/2024) yang diikuti oleh proktor dan teknisi se-Yogyakarta yang dibagi dalam 2 sesi dan beberapa ruang.

Ernawan Nurhidayat selaku narasumber dari Disdikpora DIY memaparkan mengenai kebijakan pelaksanaan ASPD DIY tahun 2024 yang menjadi opsional/pilihan bagi siswa namun tetap dianjurkan diikuti karena sebagai bentuk pemetaan pendidikan di DIY dan sebagai bonusnya dimasukkan dalam perhitungan PPDB ke jenjang selanjutnya dengan porsi tersendiri dari keseluruhan nilai yang dipakai, selain nilai akreditasi sekolah dan nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 mapel ASPD yang telah di data sebelumnya.

Kegiatan bimtek ini dalam rangka persiapan pelaksanakan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah tahun 2024 sekaligus refresh pengenalan aplikasi yang sudah berjalan pada tahun sebelumnya. “Bimtek kali ini sebagai bentuk penyegaran kembali, dan ajang silaturahmi sesama proktor dan teknisi karena ANBK sudah tidak diadakan. Cuma ada beberapa perbedaan dengan tahun kemaren, semoga saat pelaksanaan diberikan kelancaran,” ucap Ernawan Nurhidayat.

Pada bimtek ini MTs N 8 Bantul menugaskan 2 (dua) orang protek (proktor & teknisi), Imam Taufik dan Dwi Sofyan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Proktor dan teknisi berperan sangat penting dalam pelaksanaan ASPD, baik sebelum, pada saat dan setelahnya. “Bimtek ini kami tunggu-tunggu pelaksanaannya, dengan bimbingan teknis ini diharapkan persiapan dan pelaksanaan ASPD berbasis komputer nantinya bisa berjalan lancar sehingga akan mendapatkan hasil yang terbaik”, jelas Imam. (hm8)