Peringatan Isra Mi’raj, MTsN 8 Sleman Gelar Mujahadah dan Pengajian

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Menyambut peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, MTsN 8 Sleman mengadakan Mujahadah dan Pengajian bertempat di Masjid Nurul Ummah, Sabtu (26/02/2022). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru pegawai beserta para siswa yang terjadwal masuk tatap muka. Sedangkan siswa yang terjadwal PJJ mengikuti pengajian melalui streaming Youtube di rumah masing-masing.

Mengusung tema “Menjadikan Moment Isra Mi’raj untuk menguatkan kecintaan dan keteladanan terhadap Nabi Muhammad SAW”, kegiatan dimulai tepat pukul 08.00 dengan menampilkan hadroh dari para siswa MTsN 8 Sleman yang membawakan sholawat Assalamu’alaik Zainal Anbiya dan Man Ana. Dilanjutkan dengan mujahadah yang di pimpin oleh Bapak Jumanudin.

Kepala MTsN 8 Sleman, Jazim Kholis, S.Ag. dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada para siswa agar senantiasa meneladani dan mencontoh akhlak mulia Nabi Muhammad SAW dalam bertindak dan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

“Para siswa harus meyakini dan percaya bahwa peristiwa Isra’ Mi’raj itu benar-benar ada, karena hanya orang-orang yang beriman yang percaya akan hal itu. Selain itu para siswa juga harus mampu menjauhi perbuatan – perbuatan yang dilarang agama dan dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain,” imbuhnya.

Memasuki sesi kajian umum, pembicara Ustadz Rian Rahardiansyah, salah satu tenaga pendidik MTsN 8 Sleman, dalam tausiyahnya mengatakan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan peristiwa maha dahsyat dan luar biasa.

Dirinya menceritakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekkah menuju Masjidil Aqsa di Yerussalem dan dilanjutkan menuju Sidratul Muntaha untuk menerima perintah langsung dari Allah SWT untuk menjalankan ibadah salat wajib lima waktu. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab pada tahun ke-12 kenabian beliau.

Diakhir pengajiannya, Ustadz A Iyan, sapaan akarabnya, bepesan kepada para siswa agar selalu meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT dan selalu menjalankan sholat lima waktu. Selain itu para siswa harus selalu rajin belajar dan menuntut ilmu karena dari peristiwa Isra’ Mi’raj tersebut lahirlah bermacam ilmu pengetahuan yang menginspirasi berbagai penemuan teknologi modern seperti sekarang ini.(adp)