Penuh Antusias, Peserta Ekstrakurikuler KIR MTsN 8 Sleman Adakan Praktik di Laboratorium

Sleman (MTsN 8 Sleman)  – Suasana penuh semangat dan antusiasme menyelimuti laboratorium sains Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 8 Sleman ketika para peserta ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) mengadakan sesi praktik ilmiah. Kegiatan yang diadakan pada hari Kamis, (16/05/2024 ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam melakukan eksperimen ilmiah dan memperdalam pemahaman mereka terhadap materi pelajaran sains.

Dalam praktik kali ini, siswa-siswa KIR MTsN 8 Sleman melakukan berbagai eksperimen yang melibatkan reaksi kimia sederhana dan pengamatan mikroskopis. Dengan bimbingan guru pembimbing KIR, Ibu Septi, kegiatan ini berlangsung dengan tertib dan penuh antusiasme. Para siswa tampak serius dan bersemangat saat mencampurkan bahan-bahan kimia dan mengamati hasil reaksinya.

“Kegiatan praktik ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains yang mereka pelajari di kelas. Dengan melakukan eksperimen langsung, siswa dapat melihat dan merasakan sendiri bagaimana teori diterapkan dalam praktik,” ujar Septi.

Salah satu siswa peserta KIR, Devina Lidia Herawati, kelas 8 A, mengungkapkan rasa senangnya bisa mengikuti kegiatan ini. “Saya sangat senang bisa mengikuti praktik di laboratorium. Selain menambah pengetahuan, kegiatan ini juga membuat saya lebih tertarik dengan dunia sains,” kata Devina dengan antusias.

Selain itu, Kepala MTsN 8 Sleman, Agus Sholeh, turut hadir untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Beliau mengapresiasi semangat dan antusiasme para siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler KIR. “Kami sangat bangga dengan semangat belajar siswa-siswi MTsN 8 Sleman. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kreativitas mereka,” ujar Agus Sholeh.

Kegiatan praktik ilmiah ini merupakan bagian dari program rutin ekstrakurikuler KIR MTsN 8 Sleman yang bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang sains serta mempersiapkan mereka untuk berpartisipasi dalam berbagai kompetisi ilmiah. (hm8)