Pembinaan Keputrian di MTs N 8 Sleman Saat Sholat Jumat

Sleman (MTs N 8 Sleman) – MTs N 8 Sleman pada Jumat (4/8/2023) mengadakan kegiatan rutin keputrian bagi siswa putri yang sedang berhalangan (haid) untuk berkumpul di kelas 9A dan kelas 9B saat sholat Jumat untuk mendengarkan dan mencatat isi khutbah yang disampaikan khatib jumat.

Koordinator keagamaan sekaligus guru Fikih madrasah Eti Maryati, S.Pd.I. disela sela waktunya mengisi keputrian saat kami konfirmasi tentang program ini menyampaikan tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan motivasi dan pengetahuan sebagai bekal muslimah agar tetap memahami terkait pentingnya ibadah dan mencari ilmu.

Meskipun dalam keadaan tidak suci siswa putri masih bisa mendapatkan ilmu agama melalui khutbah jumat yang di dengar dari dalam kelas yang kebetulan berada tepat didepan masjid. “Siswa putri yang berhalangan harus menulis materi yang disampaikan khotib dan nantinya dikumpulkan kepada koordinator keagamaan, sehingga ketika pelaksanaan sholat jumat tidak ada siswa yang bersliweran, semua punya tugasnya masing – masing,” jelasnya.

Kepala Madrasah Agus Sholeh, S.Ag. sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. “Program yang saat bagus karena meskipun saat ini siswa putrinya sedang tidak sholat tetapi tetap mendapatkan ilmu agama yang bisa menjadi bekal ketika berada di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.