Pembentukan Karakter, Siswa Baru MTs Negeri 8 Sleman Latihan Baris - berbaris

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Pembina Pramuka MTsN 8 Sleman memberikan pelatihan baris berbaris (PBB) kepada seluruh siswa baru MTsN 8 Sleman, Selasa (11/7) bertempat di halaman madrasah.  Kegiatan tersebut merupakan salah satu materi dari Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) kepada para siswa baru.

Kak Riyan, salah satu dari pelatih PBB mengatakan bahwa Latihan PBB diberikan kepada siswa baru sebagai usaha agar para siswa bisa belajar disiplin. Hal ini juga sebagai langkah mendukung pelaksanaan kegiatan belajar kepada para siswa nantinya.  “Dalam Pelatihan Baris Berbaris ini para siswa dilatihkan beberapa gerakan di tempat mulai dari sikap sempurna, latihan penghormatan, sikap istirahat dan beberapa gerakan lainnya. Selain gerakan ditempat para siswa juga dilatihkan gerakan berjalan seperti langkah biasa, langkah tegap, dan gerakan berjalan lainnya”, ungkapnya.

Sementara itu, ditempat dan kesempatan yang sama Kepala MTsN 8 Sleman, Agus Sholeh, S.Ag. mengatakan, melalui Pelatihan Baris Berbaris yang sudah diberikan oleh Pembina Pramuka, diharapkan dapat menumbuhkan jiwa disiplin dan rasa tanggungjawab. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh dalam pembentukan karakter siswa sehingga mereka siap mengikuti kegiatan pembelajaran di madrasah.  Selain itu beliau juga berharap agar para siswa dapat meningkatkan semangat dalam belajar agar nantinya mendapatkan prestasi yang diharapkan.

“Tak lupa saya selaku kepala madrasah mengucapkan terimakasih atas pelatihan yang sudah diberikan kepada siswa kami. Semoga kerja sama positif yang telah terjalin selama ini dalam upaya memberikan pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan karakter siswa tetap berlanjut,” pungkasnya. (hm8)