Pembekalan Siswa Kelas 9 Menghadapi ASPD : Membangun Kesiapan dan Percaya Diri

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Dalam rangka mendukung kesiapan akademis dan emosional siswa kelas 9 menjelang Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD), MTsN 8 Sleman menyelenggarakan program “Pembekalan Siswa Kelas 9 Menghadapi ASPD”.  Kegiatan diadakan pada Rabu, (8/5/2024) di Masjid Nurul Ummah MTsN 8 Sleman.  Pelaksanaan pembekalan diikuti Kepala Madrasah, seluruh Waka, wali kelas 9 dan seluruh siswa kelas 9.

Adapun Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan komprehensif kepada siswa dalam menghadapi ASPD yang akan dilaksanakan mulai hari Senin 13 Mei 2024 sampai Rabu 15 Mei 2024.  Persiapan secara fisik dan psikis sangat diperlukan guna lancarnya kegiatan ASPD.

Agus Sholeh – Kepala Madrasah menyambut baik kegiatan ini, kegiatan yang bertujuan untuk membangun kesiapan dan kepercayaan diri, dan ketahanan mental siswa dalam menghadapi ASPD. “Kami percaya bahwa kesiapan yang kokoh dalam menghadapi ujian tidak hanya tentang pengetahuan, tetapi juga tentang rasa percaya diri. Oleh karena itu, program ini juga akan mencakup sesi pengembangan kepribadian dan keterampilan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemandirian siswa”, jelasnya

Muhamad Arwani Munib – Waka Kurikukum menyampaikan tip dan trik serta strategi dalam menghadapai ASPD, termasuk penguasaan waktu, teknik menjawab soal, dan manajemen stres. Para siswa juga dibekali dengan bimbingan individual untuk mengidentifikasi kelemahan mereka dan merumuskan strategi perbaikan. “Kami berharap kepada semua siswa agar dalam pelaksanaan ASPD nantinya bisa mengerjakan soal dengan baik dan benar sehingga nantinya akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan sehingga bisa mendapat sekolah yang diidam-idamkan”, pungkasnya. (hm8)