Panggah Dalang Berprestasi dari MTs N 8 Sleman

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Panggah Nowo Wibatsu, siswa kelas 7 MTs N 8 Sleman pada hari ini Senin (29/05/2023) mengikuti seleksi bakat penerima penghargaan kategori dalang cilik dalam Apresiasi Prestasi Seni dan Budaya Anak Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, bertempat di Pendopo Museum Negeri Sonobudoyo.

Penghargaan ini diberikan kepada seniman dan budayawan anak yang mempunyai komitmen besar dalam melestarikan budaya, dan sebagai penjaga kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya wayang kulit. Panggah menggeluti dunia wayang dan menjadi dalang cilik sejak usia belia.

Kecintaannya terhadap dunia wayang diwarnai oleh keluarganya yang berkecimpung di dunia seni secara turun temurun. Berbagai lomba dalang cilik sudah diikutinya dari tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi, bahkan tingkat nasional yang semuanya sebagai juara satu. Tahun 2022 Panggah mendapat penghargaan dari Dinas Kebudayaan Sleman, dan tahun ini mewakili Kabupaten Sleman ditingkat propinsi.

Agus Sholeh. S.Ag selaku kepala madrasah mengapresiasi pencapaian yang telah diraih anak didiknya yang masuk sepuluh besar nominator mewakili Kabupaten Sleman. Ini hal yang harus dihargai karena jarang kita jumpai anak muda sekarang yang masih nguri – uri budaya jawa di era yang serba canggih ini. Harapan saya hal ini bisa memotivasi anak – anak yang lain untuk berpacu dalam prestasi baik akademik maupun non akademik, pungkasnya. (iks)