MTsN 8 Sleman Kembali Salurkan Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP)

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan kerja sama tiga kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag). PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar).

Demi mensukseskan program pemerintah, MTsN 8 Sleman berusaha agar peserta didiknya yang tergolong dalam kategori tersebut bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dalam program PIP. Demikian dikatakan Drs. Sunu Purnomo, Koordinator PIP MTsN 8 Sleman di sela  – sela pendataan pencairan bantuan di ruang PTSP, Jumat (27/11/2020).

“Untuk periode sekarang jumlah peserta didik yang sudah terverifikasi sejumlah 71 siswa, dan orang tua atau wali kelas kami undang ke madrasah untuk melengkapi berkas pencairan,” ujar Sunu.

Lebih lanjut, Sunu menuturkan jika program PIP tersebut melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Salah satu orang tua siswa penerima PIP menuturkan jika pencairan bantuan tersebut bisa digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah, uang saku dan biaya transportasi.

Kepala MTsN 8 Sleman, Jazim Kholis, S.Ag. berpesan agar siswa yang telah mendapat Kartu Indonesia Pintar (KIP) agar dijaga dengan baik. “Tentunya agar siswa bisa mendapatkan manfaat program ini diharuskan memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Sebab dengan memegang kartu ini memberi jaminan dan kepastian bahwa anak-anak usia sekolah terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan, untuk itu bagi yang sudah menerima kartu PIP agar disimpan dengan baik.(imm)