Antusias dan Semangat Peserta Latihan Praktik Manasik Haji MTsN 8 Sleman

Sleman (MTsN 8 Sleman) –  MTsN 8 Sleman menggelar kegiatan Latihan Praktik Manasik Haji pada hari Rabu, (22/05/2024). Acara yang berlangsung di Lapangan Banyunibo ini diikuti oleh siswa kelas VIII yang akan mempelajari dan mempraktikkan tata cara pelaksanaan ibadah haji, dipandu oleh instruktur yang berpengalaman dan didampingi oleh guru dan pegawai. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada para siswa tentang rukun Islam yang kelima tersebut.

Sejak pagi, antusiasme terlihat jelas dari raut wajah para peserta yang datang dengan semangat dan kesiapan penuh. Mereka mengenakan pakaian ihram putih, yang menambah kesan khidmat dan keseriusan dalam mengikuti rangkaian kegiatan.

Dalam sambutannya, Kepala MTsN 8 Sleman, Agus Sholeh, S.Ag., menyampaikan pentingnya memahami tata cara ibadah haji sejak dini. “Melalui latihan manasik haji ini, kami berharap para siswa dapat menghayati makna dan tata cara ibadah haji, sehingga kelak ketika mereka mendapat kesempatan untuk menunaikannya, mereka sudah memiliki bekal pengetahuan yang cukup,” ujar Agus Sholeh.

Acara dimulai dengan simulasi ihram, di mana para siswa mempraktikkan niat dan tata cara berpakaian ihram dengan benar. Selanjutnya, mereka mengikuti rangkaian kegiatan yang meliputi Tawaf, Sa’i, wukuf di Arafah, dan tahapan lainnya dalam ibadah haji. Para instruktur yang berpengalaman memandu setiap tahapannya dengan rinci dan memberikan penjelasan mendalam tentang makna di balik setiap rukun haji.

Salah satu peserta, Charisa Aulia Puspita Dewi dari kelas 8 F, mengungkapkan rasa senangnya dapat mengikuti kegiatan ini. “Saya sangat senang bisa belajar langsung tentang ibadah haji. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya tentang rukun Islam,” katanya dengan penuh semangat.

Latihan Praktik Manasik Haji di MTsN 8 Sleman ini mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak, komite, termasuk orang tua siswa yang merasa senang anak-anak mereka mendapatkan pendidikan agama yang komprehensif. [hm8]