MTsN 8 Sleman Hadiri Sosialisasi Akreditasi Madrasah Tahun 2024

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Perwakilan MTsN 8 Sleman menghadiri Sosialisasi dan Pembinaan Sasaran Akreditasi Tahun 2024 pada Selasa (30/4/2024).  Kegiatan bertempat di aula Kementerian Agama Kabupaten Sleman.  Adapun perwakilan yang hadir diantaranya, Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan Waka Humas.

Hadir membuka kegiatan sosialisasi, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Sleman, Drs. H. Tulus Dumadi, M.A.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peseta yang telah bersedia hadir memenuhi undangan.  “Akreditasi bukan sekedar tuntutan regulasi tetapi diperlukan bagi penguatan kelembagaan dan menegetahui mutu sebuah lembaga pendidikan”.

“Semua yang hadir dalam acara ini berarti harus siap untuk menerima visitasi dari asesor.  Pesan saya akreditasi ini harus disiapkan sejak awal dan jangan menggunakan metode Sistem Kebut Semalam.  Madrasah harus menyiapkan diri dan mengisi bukti untuk setiap komponen.  Perlu kerjasama dari seluruh stakeholder madrasah demi lancarnya kegiatan akreditasi  nantinya, pesannya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Pokjawas Kabupaten Sleman, Drs. H. Daryono, M.Pd. mengapresiasi Madrasah yang akan diakreditasi dan berpesan agar segera mempersiapkan instrumen yang dibutuhkan dalam proses akreditasi.  Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan materi tentang Kebijakan dan Mekanisme Akreditasi PAUD Tahun 2024.

Salah satu yang disampaikan, diantaranya prinsip penyusunan instrumen akreditasi yaitu bermakna, fleksibel, dan inklusif.  Adapun aspek kualitas disusun berdasarkan empat komponen yakni hasil belajar, proses pembelajaran, kinerja pendidik dan iklim lingkungan belajar.  “Madrasah yang akan divisitasi oleh asesor hendaklah segera menyiapkan bukti fisik yang selanjutnya diunggah kerena pelaksanaan akreditasi diperkirakan jatuh pada bulan Agustus 2024.  Nilai akreditasi akan menentukan kualitas dan mutu pendidikan di madrasah sehingga madrasah harus menyiapkan secara maksimal”, jelasnya.

Kepala MTsN 8 Sleman pada kesempatan yang sama merasa sangat senang setelah mengikuti sosialisasi akreditasi ini. “Kami sangat bersyukur bahwasanya Kemenag Kabupaten menyelenggarakan kegiatan ini.  Soaialisasi tersebut sangat membantu kami dalam memahami dan menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam akreditas nanti.  Kami berharap ketika visitasi oleh asesor, MTsN 8 Sleman telah siap dan semoga memperoleh nilai yang lebih tinggi dari nilai sebelumnya, harapnya. (hm8)