MTsN 8 Sleman Adakan Simulasi Memakai Pakaian Ihram Sebelum Latihan Manasik Haji

Sleman (MTsN 8 Sleman) – MTsN 8 Sleman menggelar simulasi pemakaian pakaian ihram pada Rabu (22/5/2024) di Masjid Nurul Ummah. Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan para siswa kelas 8 menjelang latihan manasik haji yang diselenggarakan di Banyunibo.

Hasim, salah satu pembimbing, menjelaskan pentingnya penggunaan kain ihram bagi lelaki yang hendak menunaikan ibadah haji di tanah suci. “Mulai sekarang para siswa harus mulai mempelajari cara menggunakan kain ihram sebagai bagian dari persiapan spiritual”, jelasnya.

Salah satu siswa kelas 8, Fadhil, menyampaikan rasa senangnya mengikuti kegiatan simulasi ini. Bagi Fadhil, “ini adalah pengalaman pertama saya dalam praktek menggunakan kain ihram, yang diharapkan membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam menjalankan ibadah haji di masa mendatang. Dengan semangat dan keyakinan, kami berharap agar doanya untuk dipanggil Allah SWT menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekah akan dikabulkan”, harapnya.

Ketua panitia Latihan manasik haji MTsN 8 Sleman, Drs. Muhammad Ali Nursalim, M.Pd, dalam keterangannya, menyatakan pentingnya mempersiapkan generasi muda untuk memahami dan menghayati nilai-nilai keagamaan. ”Simulasi pemakaian kain ihram ini bukan hanya sekadar latihan praktis, tetapi juga merupakan upaya untuk memperkokoh iman dan ketaqwaan siswa-siswi dalam menjalankan ibadah haji kelak.

Melalui kegiatan seperti ini, para siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang arti dan makna ibadah haji serta menjadi pribadi yang siap untuk menunaikannya dengan penuh keikhlasan dan kesadaran”, pungkasnya. (hm8)