MTs N 8 SLEMAN SELENGGARAKAN ASPD 2024

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Siswa SMP/MTs negeri dan swasta kelas 9 di DIY, mulai hari ini, Senin (13/05/2024) selama 3 hari, mengikuti pelaksanaan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) tahun 2024. Bagi jenjang SMP/MTs nilai ASPD digunakan untuk alat seleksi masuk jenjang ke lebih tinggi baik itu SMA maupun SMK. Hasil dari asesmen tidak digunakan untuk menentukan keluluasan siswa, tetapi digunakan siswa ketika mencari sekolah negeri di jenjang berikutnya, yakni SMA dan SMK Negeri di wilayah DIY. Karena hasilnya menjadi salah satu pertimbangan diterima di sekolah yang diinginkan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi DIY.

Terkait hal tersebut Sebanyak 188 siswa dari MTs Negeri 8 Sleman mengikuti Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD). Pelaksanaan ASPD menggunakan 3 ruang komputer yang terbagi menjadi 2 sesi. Pada hari pertama yang diujikan adalah soal literasi membaca yang berisi soal mata pelajaran bahasa indonesia dan bahasa inggris, hari kedua literasi numerik dan hari ketiga literasi sains. ASPD berlangsung selama 3 hari dimulai dari hari Senin (13/05/2024) sampai dengan Rabu (15/05/2024).

Kepala MTsN 8 Sleman Agus Sholeh, S.Ag. memberikan semangat dan berpesan kepada siswa untuk sungguh-sungguh dalam mengerjakan agar memperoleh hasil terbaik sesuai yang diharapkan. ”Dengan semangat dan persiapan yang matang, diharapkan seluruh siswa dapat meraih hasil yang terbaik, sehingga dapat membawa nama baik madrasah dan membanggakan keluarga masing-masing,”ucapnya.

Proktor utama ASPD MTs N 8 sleman, Imam Taufik, S.Kom. mengungkapkan bahwa beberapa hari sebelumnya telah dilakukan sinkronisasi dan uji coba secara berkala. sehingga dengan didukung kelengkapan piranti dan jaringan yang mumpuni, ia berkeyakinan pelaksanaan ASPD akan berjalan lancar tanpa kendala. “Serangkaian kegiatan tentu kita siapkan demi suksesnya ASPD 2024 seraya mengikuti arahan dari panitia ASPD di tingkat provinsi,” ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Arwani Munib, M.Pd. selaku ketua panitia ASPD MTs N 8 Sleman menyampaikan ucapan syukur atas kelancaran pelaksanaan ASPD di MTs N 8 Sleman. “Kita bersyukur bahwa pelaksanaan ASPD di MTs N 8 Sleman berjalan dengan lancar tidak ada kendal yang berarti. Ini tidak lepas dari kerja keras, tim proktor yang sudah mempersiapkan segala sesuatunya serta melalui uji coba maupun simulasi yang dilakukan sebelumnya”, ucapnya. (hm8)