MTs N 8 Sleman Laksanakan Skrining Kesehatan Siswa

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) MTs N 8 Sleman mengadakan tiga program pokok yang biasa dikenal sebagai trias UKS meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan kehidupan madrasah sehat. Pelayanan kesehatan yang dimaksud meliputi screening kesehatan anak sekolah atau dikenal penjaringan kesehatan, pemantauan kesehatan serta penyuluhan kesehatan.

Penjaringan dilakukan setahun sekali pada awal tahun pelajaran terhadap semua siswa kelas 7, 8, dan 9. Pada kegiatan ini dilakukan penimbangan berat badan dan pengukuran berat badan siswa, untuk memenuhi standar minimal pelayanan bidang kesehatan dan program UKS.

Dra. Hj. Siti Nursyafangatun selaku koordinator UKS menyampaikan bahwa semua siswa kelas 7, 8, dan 9 akan mengikuti kegiatan sreening sebelum kegiatan pembelajaran. Syafa menjelaskan kegiatan screening ini memberikan manfaat yang besar dan nyata terutama untuk memastikan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan optimal.

Syafa juga menambahkan dengan adanya screening yang dilakukan Kamis (13/07/2023) bertempat di ruang UKS ini bisa sabagai edukasi kesehatan bagi siswa untuk memberikan informasi akan pentingnya kesehatan dan kebersihan diri. (iks)