Momentum Idul Adha 1443 H, MTsN 8 Sleman Kurban Seekor Sapi

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H / 2022 M, MTsN 8 Sleman melaksanakan kegiatan rutin penyembelihan hewan kurban 1 ekor sapi. Program tahunan di bulan Dzulhijah (bulan haji) tersebut  dilaksanakan di lapangan olahraga madrasah, Selasa (12/07/2022).

Koordinator kegiatan keagamaan Daniel Ariuef Budiman S.Hum mengatakan  iuran pembelian hewan kurban berasal dari Bapak/Ibu Guru Pegawai serta siswa-siswi MTsN 8 Sleman. Pelaksanaan kurban ini bertujuan untuk melatih semangat berkurban bagi guru dan siswa, serta meningkatkan keimanan terhadap Allah SWT.

“Terimakasih kepada bapak ibu guru pegawai dan siswa-siswi yang telah berpartisipasi dalam kegiatan kurban tahun ini, semoga kegiatan ini bisa melatih semangat berkurban dan menjadi berkah bagi semuanya,” ujar guru SKI tersebut.

Ditambahkannya, selama pandemi dua tahun yang lalu MTsN 8 Sleman tetap mengadakan pembelian hewan kurban, bedanya jika pada tahun lalu dibelikan puluhan ekor kambing kemudian disalurkan ke dusun – dusun sekitar madrasah. Sedangkan untuk tahun ini, iuran kurban dibelikan seekor sapi untuk kemudian dipotong dan diolah sendiri.

Senada, Waka Humas Rini Sri Hastuti, S.Pd. berujar kegiatan penyembelihan dan pemotongan hewan kurban disaksikan bersama oleh guru pegawai dan siswa. Kemudian dilakukan sortir daging kurban yang kemudian akan dibagikan kesiswa untuk dimasak serta sebagian dibagikan kepada warga sekitar madrasah.

 

“Daging yang telah ditimbang diserahkan ke siswa untuk dimasak, kemudian dilakukan penilaian lomba memasak dan dimakan bersama – sama, sedangkan sebagian daging sebanyak 50 paket disalurkan ke masyarakat,” kata Rini Sri Hastuti.

Sementara itu Kepala Madrasah Jazim Kholis, S.Ag. menandaskan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban adalah ibadah seorang hamba semata karena Allah SWT yang juga  diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan jiwa sosial warga madrasah dan masyarakat sekitarnya.

“Semoga kita dapat mengambil hikmahnya, bahwa dengan berkurban kita dapat berbagi dan dengan berbagai kita dapat mempererat tali silaturahmi, dengan berkurban kita juga sudah melaksanakan suatu ibadah yang mana itu juga merupakan dari wujud tanda syukur kita sebagai makhluk terhadap Khaliknya,” tandas Jazim.(imm)