SLOT GACOR SLOT GACOR
Memuaskan, Tim Asesor Apresiasi Tinggi Pelaksanaan PKKM MTsN 8 Sleman – MTs Negeri 8 Sleman – Official Website
School Info
Saturday, 27 Jul 2024
  • Selamat datang peserta didik baru MTs Negeri 8 Sleman dalam kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun 2024
  • Selamat datang peserta didik baru MTs Negeri 8 Sleman dalam kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun 2024
4 December 2020

Memuaskan, Tim Asesor Apresiasi Tinggi Pelaksanaan PKKM MTsN 8 Sleman

Fri, 4 December 2020 Read 7x Humas / Kesiswaan / Kurikulum / Sarana dan Prasarana

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Merujuk Lampiran Keputusan Dirjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019, Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dilakukan secara berkala setiap tahun dan secara kumulatif setiap empat tahun. Sebagaimana disebutkan, agenda penilaian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kamad melaksanakan tupoksinya dalam mengelola madrasah. Komponen yang dinilai dalam PKKM ini tentu saja tidak sekadar profil kamad, namun terkait dengan bidang-bidang yang dinaunginya.

Memasuki penghujung tahun 2020 ini, hampir genap satu tahun memimpin MTsN 8 Sleman, Kepala Madrasah Jazim Kholis, S.Ag. secara otomatis mendapat kesempatan untuk dinilai oleh tim asesor terkait kinerjanya. Bertempat di ruang aula, Kamis (03/12/2020) Dra. Hj. Charisatunniswah, M.Pd. beserta Drs. H. Rudi Astomo, S.Pd., M.Pd.I. melakukan kunjungan di MTsN 8 Sleman dan bertindak selaku penilai dalam kegiatan PKKM tersebut.

Dalam sambutan pembukaannya,  Dra. Hj. Charisatunniswah, M.Pd. menuturkan tujuan dilaksankakan PKKM yakni selain menilai kinerja kepala madrasah juga untuk memetakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang akan dilaksanakan di tahun 2021 nanti.

“Nilai yang diperoleh kepala madrasah dalam melaksanakan Assesmen Kompetensi Kepala (AKK) beberapa waktu lalu akan dikolaborasikan dengan nilai PKKM yang sekarang ini kemudian akan dianalisa dan dipetakan untuk selanjutnya menjadi acuan pelaksanaan PKB,” ujar peraih juara satu pengawas berprestasi nasional 2017 tersebut.

Lebih lanjut, Charisatunniswah menjelaskan kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan, yakni usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tendik serta hasil kinerja kepala madrasah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala MTsN 8 Sleman, Jazim Kholis, S.Ag. mengatakan seluruh komponen madrasah telah berusaha maksimal dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. “Walaupun di masa pandemi, kami berupaya seoptimal mungkin untuk melaksanakan tugas – tugas, baik manajerial, supervisi, kewirausahaan, sosial kemasyarakatan dan lainnya,” ujar Jazim.

Sementara itu, secara umum proses pemeriksaan dokumen berjalan sangat lancar, setiap koordinator dibantu dua anggota pada komponen masing – masing, secara urut dan bergiliran menyodorkan bukti fisik pelaksanaan kegiatan selama satu tahun. Tim asesor dengan teliti memeriksa satu persatu bukti yang diserahkan, pertanyaan – pertanyaan dari tim asesor pun terlontar dalam poin pemeriksaan.

Usai pelaksanaan penilaian, Drs. H. Rudi Astomo, S.Pd., M.Pd.I. memberikan closing statement serta beberapa arahan dan masukan ke pihak madrasah. “Apresiasi yang tinggi kami berikan kepada MTsN 8 Sleman yang telah berusaha maksimal menyiapkan kelengkapan dokumen penilaian. Arahan dan masukan yang kami berikan kepada kamad dan koordinator bagian agar segera ditindaklanjuti demi peniingkatan kualitas madrasah secara umum,” pungkas Rudi Astomo.(imm)

This article have

0 Comment

Leave a Comment

 

https://idea.gov.bd/qris/ https://e-office.inka.co.id/gacor/