Membanggakan, Siswa MTsN 8 Sleman Raih Juara Gateball D.I. Yogyakarta

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan siswa siswi MTsN 8 Sleman. Kali ini prestasi ditorehkan oleh Galih Permana Putra siswa kelas 7E pada cabang olahraga Gateball pada sirkuit nasional DIY pada Ahad (31/7/2022). Galih berhasil merebut juara 1 kategori beregu campuran dewasa dan juara 3 pada kelas triple campuran.

Prestasi ini sangat membanggakan, terang Jazim Kholis, S.Ag selaku Kepala MTsN 8 Sleman. Selain itu kita juga harus bangga karena secara tidak langsung, Galih juga ikut mempopulerkan olahraga gateball, sambungnya. Pak Jazim juga berpesan jangan berhenti di sini, teruslah berprestasi. Ia juga berharap siswa lain berprestasi baik di akademis maupun di jalur non akademis.

Sekedar informasi, Gateball yang dicetuskan pertama kali oleh Eiji Suzuki di Hokkaido Jepang pada tahun 1947, merupakan hasil modifikasi terhadap permainan Croquet yang berasal dari benua Eropa. Indonesia sendiri mulai bergabung secara resmi dengan WGU pada tanggal 21 Agustus 2013 sebagai negara anggota ke 17 melalui persetujuan dari 43 anggota pemilik suara.

Saat ini gateball disebut sebagai sebuah olahraga beregu yang menggunakan palu yang mirip dengan permainan crocquet. Gateball merupakan permainan cepat namun tidak ada kontak fisik antar pemain, dan memerlukan kemampuan akurasi dan perencanaan serta penerapan strategi yang sangat tinggi. Sehingga gateball dikatakan sebagai suatu ” highly dinamics strategic game “. Gateball dapat dimainkan oleh berbagai kalangan tanpa memandang usia atau jenis kelamin dan sampai dengan saat ini telah dimainkan oleh lebih dari 10 juta orang dari 17 negara yang tersebar di Australia, Amerika, dan Asia termasuk Indonesia. (himbay)