Kurangi Sampah Plastik, Siswa MTsN 8 Sleman Bawa Tempat Makan dan Minum Pribadi

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Dalam upaya menindaklanjuti hasil sosialisasi pengelolaan kantin sehat yang diadakan pada Sabtu, 15 April 2023 di ruang tamu kepala, MTsN 8 Sleman mulai menggalakkan ulang kepada seluruh siswa untuk membawa tempat makan dan minum sendiri. Hal ini berkaitan erat dengan jajan anak-anak di kantin madrasah ketika istirahat. Mereka banyak yang tidak membawa bekal dari rumah dan lebih mengandalkan jajan di kantin.

“Jika mau membeli minuman atau makanan, siswa harus menyerahkan tempat minum atau makannya kepada penjual kantin. Sementara itu, penjual kantin juga dilarang melayani siswa dengan menggunakan plastik. Sebenarnya imbauan ini bukan hal baru, melainkan melanjutkan apa yang pernah dilakukan,” ungkap Agus Sholeh, S. Ag., selaku kepala madrasah.

Agus juga menambahkan, tujuan utama imbauan ini adalah untuk mengurangi sampah plastik yang setiap harinya semakin menumpuk. “Beraneka sampah plastik  selalu saja memenuhi bak-bak sampah yang berada di depan kelas. Kita tahu, sampah plastik ini berasal dari bungkus makanan dan minuman yang dibeli anak-anak di kantin madrasah. Hal ini jika dibiarkan terus, tentunya akan menimbulkan masalah baru, seperti bau tidak enak, lingkungan madrasah menjadi kotor, dan mengurangi kenyamanan dalam belajar,” ujarnya.

“Harapannya dengan adanya penerapan pengurangan sampah plastik ini, bisa mengawali untuk memasuki gerbang sekolah adiwiyata,” tutup Agus. (Ys)