Kreatif, Siswa MTsN 8 Sleman Buat Rantai Makanan dari Bahan Bekas

Sleman (MTsN 8 Sleman) — Setiap makhluk hidup bergantung dengan makhluk hidup lainnya demi keberlangsungan ekosistemnya.  Makan dan dimakan adalah peristiwa yang umum terjadi antar makhluk hidup, inilah yang disebut dengan rantai makanan. Dimana peristiwa makan dan dimakan secara berurutan terjadi.

Dalam pelajaran IPA kelas 7 rantai makanan dijelaskan dalam materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, yaitu lingkungan, ekosistem, saling ketergantungan dan pola interaksi. Dalam rantai makanan setiap makhluk hidup mempunyai peranan masing-masing, ada yang sebagai produsen, konsumen dan ada yang sebagai dekomposer.

Untuk lebih memperjelas peran-peran tersebut Dra.Hj. Winuri Siti Syamsiyah selaku pengampu IPA kelas 7 melakukan proyek bersama anak-anak. Yaitu pembuatan rantai makanan. Secara berkelompok anak-anak membuat rantai makanan dari bahan bekas yang masih layak digunakan.

Ada 2 hal yang ditekankan pada proyek ini, pertama anak membuat langsung kegiatan rantai makanan antar makhluk hidup, kedua anak memanfaatkan limbah sampah yang masih bisa digunakan. Hal ini menjadi nilai tersendiri bagi anak-anak. Bahan bekas yang mereka gunakan dari kardus bekas, kertas bekas, mainan yang sudah tidak digunakan, dan plastik. Dari proyek ini, anak-anak menjadi lebih mengerti alur rantai makanan antar makhluk hidup, dan lebih jelas peranan antara produsen, konsumen dan dekomposer. (hm8)