Keseruan Peserta Kemah Budaya MTsN 8 Sleman dalam Lomba Permainan Tradisional

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Pada acara kemah budaya yang diselenggarakan oleh MTsN 8 Sleman, para peserta tampak sangat antusias mengikuti berbagai lomba permainan tradisional pada Senin (10/6/2024). Acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk bersenang-senang, tetapi juga untuk mengenalkan dan melestarikan permainan tradisional yang kini semakin jarang dimainkan. Di antara permainan yang dilombakan, ada dingklik oglak aglik, boy-boynan, bentik gobak sodor, ular-ularan, congklak dan bakiak. Setiap permainan memiliki keunikan tersendiri yang membuat para peserta semakin bersemangat.

Gobak sodor, misalnya, menjadi salah satu permainan yang paling digemari. Peserta harus menunjukkan keterampilan dan kelincahan mereka dalam melewati rintangan yang ada. Suasana semakin seru dengan sorak sorai peserta lain yang memberikan semangat. Tidak kalah menariknya adalah permainan boy-boynan, di mana strategi dan kerjasama tim sangat diuji. Setiap tim berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, dan gelak tawa serta keceriaan selalu mewarnai setiap babak permainan.

Permainan bentik, gobak sodor dan ular-ularan juga tak kalah seru. Dalam permainan ini, peserta harus menunjukkan kecepatan dan ketangkasan mereka dalam melewati lawan tanpa tersentuh. Sementara itu, ular-ularan yang mengandalkan kekompakan tim, membuat setiap kelompok berusaha sebaik mungkin untuk menang tanpa merusak formasi. “Kami merasa senang dan sangat menikmati setiap momen permainan yang kami mainkan, dan hal ini menciptakan kenangan manis yang tak terlupakan”, ujar Naila salah satu peserta.

Secara keseluruhan, lomba permainan tradisional di kemah budaya MTsN 8 Sleman berhasil menciptakan suasana yang penuh kegembiraan dan semangat kebersamaan. Selain bersenang-senang, para peserta juga belajar banyak tentang pentingnya melestarikan budaya melalui permainan tradisional. Acara ini membuktikan bahwa permainan tradisional masih sangat relevan dan mampu menghadirkan keceriaan di tengah era digital saat ini. (hm8)